Teknoflas.com – Belum lama ini Samsung meluncurkan produk tablet yang dirancang khusus untuk dunia pendidikan, yakni Galaxy Tab 4 Education. Langkah ini dilakukan Samsung untuk menghadang laju Apple iPad yang mulai banyak digunakan di dunia pendidikan. Galaxy Tab 4 Education dibuat berdasarkan tablet Galaxy Tab 4 10.1 yang belum lama ini telah meluncur.

Samsung Galaxy Tab 4 Education

Penampilan luar tablet Galaxy Tab 4 Education sama sekali berbeda dari kebanyakan tablet Samsung lainnya. perbedaan penampilan luar ini disebabkan karena Galaxy Tab 4 Education ini dibekali lapisan karet untuk melindunginya dari benturan ketika digunakan oleh anak.

Spesifikasi tablet Galaxy Tab 4 Education ini tak jauh berbeda dengan tablet Samsung Galaxy Tab 4 10.1, yakni mengusung bentang layar sentuh 10.1 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel yang disematkan teknologi TFT kapasitif dan menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat.

Fitur Galaxy Tab 4 Education ini cukup standar, yakni WiFi, Bluetooth, GPS, dan port microUSB. Samsung membekali Galaxy Tab 4 Education dengan ruang simpan internal sebesar 16GB yang dapat diperluas melalui slot microSD hingga maksimal 128GB.

Performa tablet Samsung Galaxy Tab 4 Education cukup baik di kelasnya dengan ditenagai oleh prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz dari Qualcomm Snapdragon 400 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 1,5GB. Kinerja dalam melahap game 3 dimensi juga cukup baik karena disokong grafis dari Adreno 305.

Tablet Samsung Galaxy Tab 4 Education ini kamera dengan resolusi 3 megapiksel dan didukung kamera depan dengan resolusi 1,3 megapiksel. Samsung membekali Galaxy Tab 3 Lite dengan baterai berkapasitas standar untuk ukuran tablet, yakni 6800mAh, seperti yang dilansir dari Liliputing (16/05/2014).