TeknoFlas.com – Seleksi Penerimaan CPNS 2014 kini tengah berlangsung. Pada hari Senin (22/9) sudah ada tiga Instansi yang sudah mengadakan Tes Kompetensi Dasar (TKD) yakni Kementerian Kehutanan, Bakorkamla dan juga Kementerian Perdagangan. Seperti diketahui pada tes CPNS tahu 2014 ini, semua instansi diwajibkan untuk mengadakan tes seleksi CPNS dengan menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test.

Seleksi Penerimaan CPNS 2014 Hari Pertama Tes CAT Banyak Yang Tidak Hadir

Tes perdana Seleksi CPNS 2014 secara resmi dilaksanakan oleh Kementerian Kehutanan (Kemnhut) yang diikuti sekitar 3.300 pelamar. Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) 5.062 pelamar dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) 1.801 pelamar.

Dalam pelaksanaan Tes CAT yang diadakan ketiga instansi tersebut, ternyata banyak pelamar yang tidak hadir dalam pelaksaan Tes CAT yang merupakan tes tahap pertama. Yang tidak hadir otomatis gugur, karena tidak mengikuti tahapan tes CPNS 2014.

Seperti yang diungkapkan Arizal, asisten deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), yang memantau pelaksanaan hari pertama CAT CPNS 2014 di lapangan. Menurutnya, banyak peserta tidak hadir.

“Saya memantau pelaksanaan tes di Kemendag dan Bakorkamla. Anehnya, dari 200 komputer yang disiapkan panitia ada 50 komputer di Bakorkamla dan 35 di Kemendag yang kosong. Artinya pelamarnya tidak datang,” kata Arizal

Jadwal tes sebelumnya sudah diumumkan ke peserta jauh – jauh hari. Dan ini sangat disayangkan sekali, karena untuk dapat masuk tes TKD membutuhkan proses yang cukup panjang. Ini dapat dikatakan menyerah sebelum berjuang. Dan banyaknya peserta yang tidak hadir ini dapat menjadi pertanyaan besar. Mengapa setelah repot – repot mendaftar, dan juga melengkapi berkas. Namun pada akhirnya tidak mengikuti tes TKD yang merupakan tahapan seleksi CPNS 2014 dengan jadwal yang sudah diumumkan sebelumnya.