Hasil Persipura vs Al Qadsia berakhir dengan skor 0-6. Dengan hasil ini tim mutiara hitam harus melupakan mimpinya tampil di final Piala AFC.

Prediksi Persipura Vs Al Qadsia

Pada pertandingan di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (30/9/2014), Persipura sudah tertinggal 0-2 dari Qadsia di babak pertama. Dua gol klub Kuwait itu dicetak oleh Saif Al Hashan dan Bader Al Mutawa.

Setelah turun minum, Persipura tak juga mampu mencetak gol balasan. Justru Qadsia yang menciptakan empat gol tambahan melalui kaki Al Hashan, Al Mutawa, Fahad Al Ebrahim, dan Saleh Al Sheikh.

Kekalahan 0-6 membuat Persipura tersingkir di semifinal dengan skor agregat 2-10 setelah pada pertemuan pertama mereka menyerah 2-4. Sementara itu, Qadsia akan menghadapi Erbil atau Kitchee di final.

Jalannya Pertandingan Persipura Vs Al Qadsia

Preview Sebelum Pertandingan
Jadwal Semifinal AFC Cup 2014 leg ke-2 antara Persipura Vs Al Qadsia akan dilaksanakan Selasa (30/9/2014) besok mulai pukul 13.30 WIB dan menurut rencana akan disiarkan secara langsung oleh RCTI.
Prediksi hasil Persipura Vs Al Qadsia memang tidaklah mudah karena, tim asak kuait tersebut diperkuat oleh kebanyakan pemain timnas Negara tersebut, selain itu sektor penyerangan Al Qadsia memiliki materi yang cukup mentereng.

Kalah dengan skor 4-2 pada leg pertama, Persipura setidaknya harus menang dengan skor minimal 2-0 untuk memastikan diri lolos ke babak final AFC Cup 2014 dan memecahkan rekor untuk pertam kalinya klub asal Indonesia masuk di partai puncak AFC Cup.

Memang tidak mudah. Al Qadsia adalah runner up turnamen antarklub Asia level kedua setelah Liga Champions ini tahun lalu. Tetapi, di perempat final pun Persipura mampu membalikkan hasil tandang 2-3 jadi agregat 8-4 setelah menang 6-1 vs Al Kuwait di Jayapura, Jadi, peluang itu bisa disebut cukup terbuka.

Untuk mewujudkannya, skuat berjuluk Mutiara Hitam harus mewaspadai setiap gerakan striker berpaspor Swiss Danijel Subotic. Pemain bertujuh 1,96 meter ini jelas merupakan andalan di barisan depan Al Qadsia.
Pada pertandingan leg pertama, Subotic memainkan dua peran. Pada babak pertama dia jadi target untuk menjebol gawang Persipura, tapi di babak kedua dia berubah fungsi menjadi tembok pemantul umpan untuk rekan lainnya. Itu efektif sehingga membuahkan tiga gol balasan untuk Al Qadsia.

Untuk menaklukkan Al Qadsia, jangan malu bermain dengan karakter keras seperti lazimnya Persipura yang dikenal panjang dalam sejarah. Persipura era kepelatihan Jacksen F. Tiago jangan tertular perilaku PSMS Medan dan PSM Makassar yang membuang karakter keras dalam bermain dan akhirnya hanya jadi klub dengan prestasi medioker.

Sepak bola adalah permainan fisik dan permainan keras dihalalkan sebagai cara untuk memenangi sebuah pertandingan. Tentu saja karakter keras ini berbeda dengan permainan kasar yang bertujuan mencederai lawan. Jelas bukan itu yang dimaksudkan.

Al Qadsia pun telah bersiap secara matang. Sejak 2 hari lalu skuat asuhan pelatih asal Spanyol Antonio Puche Vicente ini tiba di Jayapura dengan menumpang pesawat khusus yang memungkinkan kondisi fisik mereka tetap terjaga, tidak seperti menumpang pesawat komersial reguler yang berpotensi menghabiskan waktu, tenaga, dan konsentrasi lantaran harus transit di beberapa bandara lain.

Secara moril, klub berjuluk The Royals ini pun mendapatkan dukungan dari berbagai pihak di Kuwait. Sebagai contoh, Al Qadsia diizinkan untuk menunda partai liga domestiknya melawan klub Al Sulaibikhat yang seharusnya digelar pada Kamis malam (25/9/2014).

Sekali lagi, jelas Al Qadsia tak mudah ditaklukkan. Namun masih ada 90 menit untuk membalikkan ketertinggalan 2-4 menjadi kemenangan skor agregat atau setidaknya lolos ke final dengan regulasi away goal (lebih produktif mencetak gol di kandang lawan).

Enam pertandingan terakhir Persipura:
• 20/8/2014 Al Kuwait 3 vs Persipura 2 (Piala AFC)
• 26/8/2014 Persipura 6 vs Al Kuwait 1 (Piala AFC)
• 29/8/2014 Persipura 1 vs Mitra Kukar 1 (Indonesia Super League)
• 02/9/2014 Persela 2 vs Persipura (Indonesia Super League)
• 05/9/2014 Persepam Madura United 1 vs Persipura 2 (Indonesia Super League)
• 16/9/2014 Al Qadsia 4 vs Persipura 2 (Piala AFC)
Lima pertandingan terakhir Al Qadsia:
• 26/8/2014 Al Hadd 2 vs Al Qadsia 2 (Piala AFC)
• 30/8/2014 Al Qadsia 1 vs Kazma 1 (Liga Kuwait)
• 13/9/2014 Al Salmiyah 3 vs Al Qadsia 2
• 16/9/2014 Al Qadsia 4 vs Persipura 2
• 20/9/2014 Al Qadsia 2 vs Al Nasar 1 (Liga Kuwait).

Prediksi skor Persipura Vs Al Qadsia 3-1