TeknoFlas.com – Slow cooker adalah salah satu hasil kemajuan teknologi yang memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan kita. Jika dahulu kita merasa kesulitan untuk memasak makanan dalam waktu lama karena harus selalu mengecek air dalam panci dan menjaga api tetap kecil, sekarang tidak lagi. Dengan slow cooker cukup menghubungkannya dengan listrik seperti rice cooker.

Cara Menghindari Kesalahan Saat Menggunakan Slow Cooker

Karena masih banyak orang yg merasa awam dengan rice cooker ini, maka, tidak jarang masakan yg dimasak menjadi kurang lezat. Bahkan tidak jarang slow cooker yang kita miliki malah menjadi cepat rusak.

Bagaimana cara menjaga agar slow cooker yang kita miliki tidak cepat rusak, dan makanan yang dimasak tetap lezat? Berikut akan kita bahas tips-tipsnya:
Jangan memasukkan daging mentah ke dalam slow cooker. Memasak daging memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun jangan sampai anda memasukkan daging mentah untuk dimasak dengan slow cooker. Karena hal ini akan menjadikan kelezatan rasa daging berkurang.

Pilihlah daging yang tipis dan cepat matang untuk dimasak dalam slow cooker. Daging yang tebal seperti dada ayam akan membuatnya tidak matang secara menyeluruh.

Saat memasak dengan slow cooker, sebaiknya anda memperkirakan berapa lama waktu memasak yang anda butuhkan, jangan terlalu sering membuka dan menutup slow cooker sebelum masakan anda matang.

Jangan memasukkan wine atau minuman keras, karena panas kompor lebih rendah daripada kompor. Menambahkan wine akan meninggalkan endapan dalam makanan yang anda masak karena panas yang dihasilkan slow cooker tidak cukup mendidihkan wine.

Jika ingin menambahkan susu atau produk turunannya seperti yogurt atau keju sebaiknya tunggu hingga makanan matang. Jika anda tambahkan sebelum makanan matang maka makanan yang di masak akan mengental dan lengket.