cara merawat wajah
Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat Secara Alami. (Foto:Doc/Vemale.com)

Teknoflas.com – Wanita selau ingin tampil cantik dan menarik dengan cara merawat wajah setiap hari. Ia selalu berupaya merawat wajah menggunakan beragam cara untuk mendapatkan wajah putih bersih dan sehat. Namun terkadang seorang wanita memilih jalan yang kurang tepat seperti suntik putih, perawatan mahal di salon dan klinik kecantikan. Padahal masih banyak bahan alam yang ada di sekitar untuk dimanfaatkan dalam perawatan kecantikan khususnya merawat wajah. Sedikit pengetahuan, produk kecantikan yang ada di klinik kecantikan atau salon, kebanyakan menggunakan campuran bahan alami. Oleh karena itu, lebih baik jika anda memilih cara merawat wajah secara alami di bawah ini yaitu untuk kulit berminyak dan kulit berjerawat.

Cara merawat wajah berminyak

Siapa yang memiliki wajah berminyak tentu akan mudah berjerawat. Selain itu kulit wajah berminyak akan menurunkan penampilan karena wajah terlihat kusam. Berikut adalah perawatan wajah berminyak menggunakan masker alami.

  1. Masker Lemon

Kandungan vitamin C dalam buah lemon tentu membantu kulit menjadi lebih cerah dan akan menyamarkan noda bekas jerawat. Selain itu, lemon dapan membantu kulit wajah dalam menangani minyak yang terlalu berlebih.

Caranya cukup mudah yaitu dengan memeras buah lemon untuk diambil airnya. Lalu terapkan pada wajah sebagai masker. Bisa ditambahkan madu untuk mendapatkan hasil maksimal. Kombinasikan perawatan wajah bagian luar dengan mengonsumsi lemon yang hangat.

  1. Masker Apel

Memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kulit karena bisa mencegah kerusakan sel. Selain itu, kandungan yang dimiliki apel seperti elastin dan kolagen bisa membaut kulit bersih dan awet muda.

Caranya adalah menghaluskan apel dan campurkan dengan beberapa sendok madu. Aplikasikan pada wajah sebagai masker. Bisa juga ditambahkan air mawar dalam masker apel tersebut.

  1. Masker Pisang

Kandungan dari pisang seperti vitamin E dan vitamin B bisa mencegah penuaan dini. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk kulit. Jika mau wajah segera terbebas dari minyak, maka pilihlah pisang untuk menemani perawatan anda setiap hari.

Caranya adalah mencampurkan pisang dengan sedikit madu lalu gunakan sebagai masker.

Lalu bagaimana dengan kulit berjerawat? Tentu ada harus menambahkan cara lain selain menggunakan masker. Berikut adalah rangkaian perawatannya secara menyeluruh.

Cara merawat wajah berjerawat

  1. Selalu mencuci wajah

Wajah berjerawat disebabkan oleh kotoran yang berada di pori-pori. Membersihkan wajah dengan cara mencuci dengna air adalah cara yang tepat. Namun, jangan menggunakan sabun pembersih wajah secara berlebihan, cukup menggunakan air mengalir saja. Mencuci wajah dengan sabun hanya cukup sehari dua kali.

  1. Jangan gonta ganti produk wajah

Biasanya saat masalah datang selalu ingin mencari solusi yang paling cepat. Misalnya rekomendasi dari teman karena telah berhasil menghilangkan jerawat lalu ikut mencoba, setelah beberapa saat ternyata tidak ada perubahan. Lalu anda mendapatkan saran kembali dari teman yang lain dan menentukan untuk mencobanya. Padahal setiap jenis kulit memiliki cara perawatan yang berbeda. Kenali jenis kulit anda, kemudian tetapkan perawatan yang cocok.

  1. Masker daun jambu

Buah jambu yang berwarna merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sedangkan daun jambu bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo. Caranya pergunakan sebagai scrub dan masker,

Pertama anda bisa mengambil daun jambu biji yang masih muda lalu dicuci bersih. Remas-remaslah daun jambu hingga berbusa lalu berikan sedikit air. Gunakan air tersebut untuk dioleskan pada wajah. Selain itu, anda juga bisa menghaluskan daun jambu dengan blender lalu digunakan sebagai scrub.

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Perawatan dari luar saja tidak cukup, maka rubah pola makan anda. Pilih makanan yang sehat dan baik untuk kulit wajah seperti sayuran, buah-buahan. Jauhi makanan yang digoreng dan memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Cara merawat wajah yang telah diberikan adalah bagian dari cara perawatan wajah yang alami dan menyeluruh. Aplikasikan dalam perawatan sehari-hari maka rasakan kemajuannya setelah beberapa minggu.