Baru-baru ini netizen dikejutkan dengan perubahan identitas Bruce Jenner, ayah tiri Kim Kardashian, yang memilih menjadi seorang wanita bernama ‘Caitlyn’. Tak hanya itu saja, dia pun tampil di halaman depan majalah Vanity Fair edisi terbaru dengan dandanan ala kaum hawa.

Dalam sampul tersebut, tertera judul bertuliskan “Call Me Caitlyn Jenner”, yang sukses mencuri perhatian netizen. Banyak orang pun bertanya, bagaimana cara menjadi transeksual? Apa yang dilakukan Bruce ke dalam tubuhnya?

caitlyn jenner
Bruce ‘Caitlyn’ Jenner (doc/variety.com)

Sebenarnya Bruce bukan orang satu-satunya yang memilih mengganti identitas demi menjadi seorang wanita. Kepada majalah Vanity Fair, sosok ‘Caitlyn Jenner’ itu mengaku belum menempuh operasi kelamin. (Baca: 4 Fakta Mengejutkan Bruce ‘Caitlyn’ Jenner Akhirnya Terungkap)

Padahal masih banyak orang di luar sana yang sudah menjalani beragam prosedur ekstrim demi menjadi seorang wanita seutuhnya. Bagaimana cara menjadi transeksual? Prosedur apa saja yang harus dijalani?

1. Psikoterapi

Sebelumnya, pria yang ingin menjadi wanita ataupun sebaliknya perlu mengikuti psikoterapi. Langkah ini bertujuan untuk mengetahui ekspresi, peran identitas, efek samping dan stigma terhadap kesehatan mental. Psikoterapi akan membantu dalam peningkatkan citra tubuh dan dukungan sosial.

2. Terapi hormon

Bagi wanita dan pria yang ingin mengganti kelamin diwajibkan ikut terapi penggantian hormon untuk mengembangkan karakteristik seksual yang diharapkan. Prosedur ini bantu meningkatkan pertumbuhan payudara bagi pria yang ingin menjadi wanita, sedangkan ukuran payudara pada wanita yang ingin menjadi pria justru tidak akan berkurang.

3. Operasi rekonstruksi dada

Cara menjadi transeksual tidaklah mudah sebab harus menjalani operasi rekonstruksi dada, ini hanya berlaku untuk wanita yang ingin menjadi pria. Prosedur ini menghadirkan sejumlah resiko bagi kesehatan seperti tulang rusuk patah dan kapasitas paru-paru berkurang. Oleh karena itu, benar-benar harus ditangani seorang tenaga ahli berpengalaman.

4. Operasi pembesaran payudara

Bagi pria yang ingin tampil sempurna sebagai seorang wanita harus menjalani operasi pembesaran payudara. Prosedur ini jauh lebih mudah daripada operasi rekonstruksi dada dan resiko buruk bagi kesehatan tergolong minim.

5. Operasi pergantian kelamin

Prosedur terakhir yang harus dijalani adalah operasi pergantian kelamin. Tim dokter akan melakukan serangkaian pengamatan terlebih dahulu, termasuk penyesuaian anatomi kelamin. Sejauh ini Caitlyn Jenner belum menjalani pergantian kelamin dan baru mencapai tahap ke-4.