Meski tampil sebagai juara Asia’s Next Top Model 2015, Ayu Gani seringkali tak pede ketika menghadapi model yang badannya lebih tinggi dan seksi. Namun ia berhasil mengalahkan semua kontestan dan menjadi pemenang pertama dari Indonesia di acara bergengsi tersebut.

“Saya nggak nyangka bisa menang, bahkan tak pernah bermimpi untuk menang. Namun saya bangga jadi orang Indonesia pertama yang memenangi acara bergengsi ini. Ini bagaikan mimpi jadi kenyataan. Saya senang sekali,” ucap Ayu soal kemenangannya.

foto ayu gani
Ayu Gani terbang ke London (doc/kompas.com)

“Terima kasih banyak atas dukungan kalian. Tanpa doa, cinta dan dukungan semua orang, saya nggak mungkin bisa juara,” tambahnya.

Selain mendapatkan bekal berharga, wanita kelahiran Solo itu juga mendapat peluang mencicipi dunia modeling skala internasional. Ayu juga akan tampil sebagai duta TRESemme (merek perawatan rambut), model majalah Harper Bazaar Singapura dan terikat kontrak Storm Model Management, agen modeling terbesar dunia yang berpusat di Inggris.

Kemenangan Ayu Gani di Asia’s Next Top Model 2015 membuat akun twitter-nya ramai tambahan follower yang turut mengucapkan selamat. Kini wanita kelahiran 1991 itu akan berangkat ke London untuk bergabung dengan Storm Model Management dan berharap sukses di tanah Pangeran Charles tersebut.

Ayu belum membeberkan waktu keberangkatannya ke London, dan berapa lama ia akan tinggal di sana. Selain meniti karir, dia juga tengah disibukkan dengan peluncuran lini aksesoris fashion buatan sendiri.

Dalam catatan profil Ayu Gani, dia pertama kali terjun ke dunia modeling saat mengikuti pemilihan Wajah Femina dan berhasil menyabet gelar Juara Favorit 2011. Semenjak itu, dia terus mengikuti sejumlah event seperti Indonesia Fashion Week, Jakarta Fashion Week dan Jakarta Fashion & Food Festival.

Meski sudah menikmati pekerjaan sebagai model, sang ibu memaksanya untuk mengikuti ajang Asia’s Next Top Model 2015.

“Mamaku lihat iklan Asia’s Next Top Model di TV dan saya disuruh ikut daftar. Sebenarnya nggak minat sama sekali, tapi mama terus semangatin. Pas lolos audisi, mama langsung optimis,” kenang Ayu.

Kemenangan Ayu Gani di Asia’s Next Top Model 2015 menjadi modal berharga baginya untuk mengembangkan sayap di dunia modeling internasional. Meskipun demikian, ia kerap tak percaya diri karena tubuhnya tergolong pendek untuk seorang model.