Masyarakat umum menganggap puasa bagian dari kegiatan ibadah, padahal ada sejumlah manfaat luar biasa tersimpan di dalamnya. Ternyata, puasa merupakan metode kuno untuk mengatasi sejumlah penyakit yang menyerang tubuh manusia. Benarkah demikian?

Menurut laman allaboutfasting.com, ada sejumlah penyakit yang sembuh dengan puasa, entah itu penyakit fisik ataupun mental. Metode puasa ternyata juga dilakukan oleh hewan-hewan di muka Bumi untuk menyembuhkan penyakit yang diderita.

penyakit yang sembuh dengan puasa
Ada penyakit yang sembuh dengan puasa (doc/duniaberbicara.com)

Tahukah anda mengapa selera makan seseorang menurun ketika sedang sakit? Itu merupakan reaksi tubuh yang mengatakan bahwa perut perlu istirahat, sehingga bisa memperbaiki apa yang perlu diperbaiki. Ketika terus memaksa untuk makan, maka ikut memberi makan sebuah penyakit yang diderita.

Selama ini muncul anggapan yang salah, ketika sakit tubuh perlu diberi makanan. Padahal, berpuasa adalah cara paling mudah dan cepat untuk membersihkan tubuh dari penyakit atau racun yang terus mengendap sejak lama.

Menurut penuturan laman allaboutfasting.com, penyakit yang sembuh dengan puasa yakni influenza, infeksi saluran kencing, radang sendi, sakit jantung, Alzheimer’s, kanker hingga masalah kegemukan. Tentu masih ada penyakit lainnya yang bisa ditekan dengan berpuasa.

Benarkah puasa bisa ikut bantu menyembuhkan penyakit? Sebenarnya, ini adalah metode kuno yang sudah ada sejak jaman dulu kala sebelum berkembangnya ilmu pengobatan modern ala barat. Pernahkah terlintas di pikiran anda, bagaimana cara manusia menyembuhkan penyakit sebelum mengenal metode pengobatan? Inilah manfaat dari puasa yang masih belum familiar di telinga masyarakat.

Intinya, ada beragam jenis penyakit yang sembuh dengan puasa, tidak hanya berlaku untuk penyakit fisik saja namun penyakit mental. Seorang dokter Rusia bernama Dr. Yuri Nikolayev, menerapkan puasa sebagai metode “the hunger cure” untuk menyembuhkan 10.000 pasien penyakit mental (70% penderita schizophrenia).

Puasa tidak hanya mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta atau bagian dari kegiatan ibadah, namun menyimpan segudang manfaat yang masih belum terjamah. Tentu masih banyak fakta yang belum terungkap lewat penelitian, tetapi tak perlu diragukan lagi.

Penyakit yang sembuh dengan puasa tidak hanya tertera seperti di paragraf atas sebab masih banyak yang belum terungkap lewat penelitian. Pastinya, berpuasa sudah dikenal lama sebagai metode ampuh untuk mengeluarkan racun dan penyakit yang mengendap di dalam tubuh.