Teknoflas.com – Ajang F1 menghadirkan tontonan menarik adu balap antar kendaraan roda empat dengan mesin paling anyar. Selain menghibur dan memacu adrenalin, ajang balap ini menyimpan resiko berbahaya bagi sang pembalap.

Satu kesalahan fatal bisa berakhir pada kematian, bahkan sejumlah pembalap sudah menghembuskan nafas terakhirnya di ajang bergengsi ini. Berikut ini daftar pembalap F1 meninggal dunia usai mengalami kecelakaan fatal.

1. Jules Bianchi (2014-2015)

Jules Bianchi

Pembalap asal Prancis ini mengalami kecelakaan fatal di sirkuit Suzuka, Jepang, pada Oktober 2014. Kecelakaan tunggal tersebut memang tak langsung merenggut nyawanya, namun ia harus terbaring koma selama 9 bulan sebelum akhirnya meninggal pada Sabtu (18/7/2015).

Kabar Jules Bianchi meninggal dunia menyisakan luka mendalam bagi keluarga, sahabat, rekan dan penggemar balapan F1. Kejadian bermula saat kendaraannya tak bisa dikendalikan akibat trek lintasan yang basah. Mobilnya keluar jalur dan langsung menabrak crane yang tengah mengangkat mobil pembalap Adrian Suttil.

2. Roland Ratzenberger (1994)

Roland Ratzenberger

Pembalap F1 asal Austria ini meninggal dunia di Sirkuit Imola pada tahun 1994 silam. Sewaktu kecelakaan terjadi, ia tengah memperkuat Upstart Simtek Racing. Roland tewas saat tengah mengikuti kualifikasi jelang GP San Marino.

Kerusakan pada kendaraannya tak dihiraukan demi mengamankan posisi terakhir. Sayang, perjuangannya berakhir sia-sia ketika mobil gagal dikendalikan dan menabrak dinding dengan kecepatan tinggi 313 km/jam.

3. Ayrton Senna (1994)

ayrton senna

Inilah pembalap F1 meninggal dunia yang paling banyak dikenang oleh masyarakat dunia. Pria Brazil ini mengalami kecelakaan fatal di GP San Marino, sehari sesudah kecelakaan yang merenggut nyawa Roland Ratzenberger.

Kecelakaan berawal ketika Senna memimpin di awal lap ke-5. Sayang, performa kendaraannya tampak buruk berjalan di atas lintasan balap hingga akhirnya keluar tikungan dan menabrak pembatas dengan kecepatan tinggi.

4. Mark Donohue (1975)

donohue

Pembalap yang dijuluki ‘Kapten Nice’ ini menghembuskan nafas terakhir saat mengikuti lomba balap di Austria pada 1975. Mobil yang dikendarainya mengalami kegagalan ban sehingga sulit dikendalikan dan meluncur bebas ke pagar pembatas.

Tabrakan dengan kecepatan tinggi membuat kepala Mark Donohue menghantam papan reklame. Selain dikenal sebagai pembalap F1, Mark juga turut tampil dalam balap mobil Nascar dan sempat membuat rekor kecepatan darat di Talladega Superspeedway Alabama.

5. Bruce McLaren (1970)

Bruce McLaren

Nama pertama yang menghiasi daftar pembalap F1 meninggal dunia yang terjadi pada tahun 1970. Pembalap asal Selandia Baru termasuk sosok legendaris  dengan mencatat 100 kali tampil di ajang balap. Dia dikenal sebagai pendiri tim balap McLaren pada tahun 1963. Bruce McLaren meninggal dunia pada 1970 ketika mobilnya terjatuh di sirkuit Goodwood, Inggris.