stress

Teknoflas.com – Era sekarang adalah era stres, di mana mudah sekali orang-orang yang hidup di zaman sekarang mendapati diri mereka sedang stres. Perilaku-perilaku yang merusak diri pun begitu banyak dilakukan dengan tujuan meredakan stres. Seperti menggunakan narkoba, alkohol berlebihan, bahkan lebih buruk lagi yakni bunuh diri. Apakah tidak ada cara yang efektif untuk meredakan stres yang cukup membuat tertekan? Tentu ada! Simak 5 cara berikut yang mudah anda lakukan namun dapat berimbas dengan berkurangnya stres anda!

  1. Membaca

Ternyata membaca terbukti efektif untuk mengurangi stres. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa membaca dapat menghilankan stres sebesar 68%, cukup besar bukan? Hal tersebut dikarenakan ketika anda membaca, anda akan mengalihkan fokus anda. Dan seketika itu, pikiran anda akan menjadi lebih tenang dan rileks. Anda dapat mencoba membaca majalah, novel, atau buku-buku kesukaan anda. Jika belum terbiasa, anda dapat membaca bacaan yang ringan.

  1. Mendengarkan musik

Musik dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Musik dapat menurunkan tekanan darah, merilekskan tubuh, dan menenangkan pikiran. Musik yang didengar bisa apa saja yang merupakan selera anda. Anda dapat larut dengan musik tersebut dan rasakan efek pada mood serta pikiran anda               

  1. Mandi air hangat

Anda perlu mencoba untuk mandi air hangat untuk stres. Mengapa? Karena ini adalah salah satu cara untuk mengurangi stres agar anda dapat menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Kegiatan ini akan menenangkan keadaan psikolohi serta membuat saraf jaringan anda lebih rileks.

  1. Berpelukan

Sesekali anda perlu melibatkan teman anda dalam menyelesaikan permasalahan. Cukup dengan berpelukan. Ya, hanya berpelukan! Jangan remehkan kekuatan interaksi dan hubungan antar manusia dalam mengurangi kadar stres. Karena pelukan ternyata telah terbukti memberikan stimulasi pada tubuh untuk mengeluarkan banyak hormon anti-stres dalam tubuh.

  1. Menyulam

Tidak ada salahnya menyediakan waktu untuk kegiatan yang satu ini. Menyulam akan menjadi sangat menyenangkan ketika anda harus menjalankan ritme yang berulang sehingga mampu mengalihkan fokus anda dan mengurangi stres. Menyulam dapat menjadi ekspresi kreativitas anda sehingga anda dapat merasakan pikiran yang segar.