Teknoflas.com – Apa sih manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh? Masih banyak orang yang belum mengetahuinya karena lebih mengenal dan menyukai daging buahnya. Hal ini disebabkan rasa pahit daun ketika disantap sebagai hidangan makanan.

Sebenarnya daun pepaya itu sangat enak jika diolah dengan tepat. Rasa pahit yang muncul dilidah ternyata mengandung sejumlah senyawa aktif yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, B1 dan C.

Manfaat Daun Pepaya
Manfaat Daun Pepaya

Berikut manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh manusia seperti dilansir Teknoflas.com dari laman Liputan6.

1. Lawan kanker

Batang daun pepaya mengandung white milky latex atau getah putih yang bisa dikembangkan sebagai obat antikanker. Menurut penelitian para ahli, getah putih kaya kandungan acetogenin yang bisa mencegah dan membunuh sel-sel kanker.

2. Pelancar pencernaan

Tak hanya daging buah pepaya saja yang melancarkan pencernaan, daun pohon ini juga mengandung manfaat serupa. Peneliti menyebut daun pepaya kaya zat karpin yang dapat membunuh mikroorganime jahat yang bertanggung jawab terhadap masalah pencernaan.

3. Lawan demam berdarah

Bagi mereka yang menderita sakit demam berdarah, disarankan mengkonsumsi daun pepaya. Bagaimana caranya? Buat ramuan rebus yang terdiri atas gula merah, meniran, temulawak dan lima lembar daun pepaya segar. Masak semua bahan dengan panci berisi air, matikan api setelah mendidih lalu dinginkan sebelum diminum habis.

4. Penyeimbang tekanan darah

Salah satu manfaat daun pepaya yaitu menyeimbangkan tekanan darah. Minum saja ramuan dari lima lembar daun pepaya yang direbus dengan setengah liter air. Rebus hingga air menguap dan sisa 3/4. Biarkan dingin sebentar sebelum diminum. Rasanya sedikit pahit di lidah, oleh karena itu bisa ditambah madu atau gula merah.

5. Merawat rambut

Bermasalah dengan ketombe, kerontokan dan kebotakan? Gunakan saja obat tradisional dari daun pepaya. Ambil beberapa lembar, tumbuk hingga menjadi bubur lalu taruh di seluruh permukaan kulit kepala secara merata.

6. Atasi nyeri haid

Manfaat daun pepaya bagi wanita yaitu mengatasi nyeri haid. Rebus saja beberapa lembar daun tanpa tambahan apapun dan minum setiap hari, terutama sebelum memasuki hari haid.