rokok

Teknoflas.com – Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa merokok bukanlah suatu kebiasaan yang baik, bahkan sangat berbahaya untuk kesehatan. Salah satunya dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung. Sebuah penelitian baru-baru ini menambahkan satu lagi bahaya merokok, yaitu membuat gigi cepat ompong.


Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Birmingham dan German Institute of Human Nutrition, perokok laki-laki memiliki resiko 3,6 kali lebih untuk mengalami kerontokan gigi dibandingkan laki-laki yang tidak memiliki kebiasaan merokok. Sedangkan perokok wanita memiliki resiko 2,6 kali lebih untuk mengalami kerontokan gigi pula. bahkan, adanya hubungan antara merokok dengan kerontokan gigi ini ternyarta lebih tinggi di umur-umur muda.

Data-data yang merupakan hasil dari penelitian telah dipublikasikan dalam Journal of Dental Research tersebut juga telah menunjukkan bahwa seseorang yang mempunyai kebiasaan merokok cukup berat memiliki risiko lebih tinggi mengalami kerontokan gigi mereka dibandingkan dengan orang yang juga mempunyai kebiasaan merokok tetapi tidak terlalu banyak. Studi yang digunakan adalah dengan studi membujur jangka panjang, peneliti dari European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) menilai data dari 23.376 peserta studi.

“Kita mengetahui bahwa merokok merupakan faktor risiko besar untuk periodontitis, sehingga dapat menjelaskan tingkat yang lebih tinggi dari kerontokan gigi pada perokok,” kata Thomas Dietrich, yang juga profesor di University of Birmingham.


Seperti yang telah dikutip dari Fox News, gusi dari para perokok mungkin terlihat lebih sehat. Karena merokok dapat menutupi pendarahan di gusi, yang biasanya menjadi gejala utama periodontitis. 

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa berhenti merokok dapat mengurangi risiko kerontokan gigi mereka. Namun, menurut Dietrich, mereka yang merupakan mantan perokok membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memiliki risiko kerontokan gigi yang sama seperti orang yang tidak pernah merokok, waktu yang dibutuhkan sekitar 10 tahun.

“Penyakit gusi dan copotnya gigi mereka akan menjadi efek dari kesehatan para perokok,” Kata Kolade Oluwagbemigum, dari German Institute of Human Nutrition. Selain itu, tentu disarankan bagi para perokok untuk berhenti agar tidak menambah kemungkinan penyakit yang lebih berbahaya seperti kanker paru-paru.

Dari Pusat Pengawasan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sekitar 13 persen orang dewasa yang berumur 65 sampai 74 tahun akan mengalami kerontokan gigi secara natural.