Teknoflas.com – Pada Kamis (17/9/2015) kemarin, Apple resmi memperkenalkan update sistem operasi terbaru, iOS 9, yang sudah bisa diunduh. Ada beragam fitur anyar yang mendapat acungan jempol seperti perbaruan multitasking, live pictures dan masih banyak lagi.

Penampakan iOS 9
Penampakan iOS 9

Sayangnya tak semua fitur memperoleh respon positif, ada pula kritikan pedas dari para fans perangkat Apple terkait fitur aneh dan ‘tidak berguna’. Berikut tiga fitur yang menjadi perdebatan di dunia maya seperti dilansir Teknoflas.com dari laman Marketwatch.

Album Selfie

Pada iOS 9 pengguna bisa menikmati Album Selfie, sebuah fitur cerdas yang mengelompokkan foto selfie secara otomatis. Artinya, semua foto selfie secara otomatis akan tersimpan dalam sebuah folder tersendiri dan terpisah dari jenis foto lainnya.

Meskipun tergolong pembaruan penuh inovasi, sejumlah pengguna justru memberi reaksi negatif. Mereka beranggapan bahwa fitur ini tak sesuai kehidupan sosial manusia yang tak harus berkaitan dengan berfoto selfie. Namun ada pula sejumlah pengguna yang memuji fitur ini, tentunya mereka adalah penggila selfie.

Move to iOS

Apple turut menghadirkan sebuah aplikasi baru untuk perangkat Android bernama Move to iOS yang bertujuan untuk membantu proses perpindahan data pengguna perangkat Android yang ingin beralih ke perangkat iOS buatan Apple.

Sontak kehadiran aplikasi tersebut menimbulkan kontroversi di Google Play Store. Berdasarkan pantauan langsung, aplikasi Move to iOS mendapat rating jeblok yaitu 2 dari 5 bintang yang artinya buruk alias tak direkomendasikan.

Font San Francisco

Salah satu perubahan masif yang diusung iOS 9 yaitu penggunaan font baru, San Francisco. Font tersebut sempat hadir di produk Apple Watch dan kini digunakan untuk mengganti Helvetica Neue yang dipakai pada iOS 8. Walaupun masih tergolong baru, banyak fans yang menyebutnya tak sesuai dengan sistem operasi iOS.