Teknoflas.com – Sikap tubuh yang buruk menyebabkan sakit leher dan tulang belakang. Tak hanya itu saja, gangguan tulang belakang juga disebabkan tidak aktif dalam jangka waktu cukup lama. Adakah solusi untuk mengatasinya?

Berenang untuk menguatkan tulang belakang

Supaya tulang belakang selalu sehat, Dr Gautam Shetty dan Dr Garima Anandani, dua dokter bedah ortopedi dari Mumbai, India, memberi sejumlah tips sederhana yang mudah diterapkan terutama bagi orang-orang yang masuk golongan super sibuk.

1. Jangan duduk kelamaan

Usahakan tidak duduk kelamaan di atas kursi. Selingi waktu untuk beranjak dari tempat duduk dan jalan-jalan selama 10 menit usai duduk selama 60-90 menit. Akan lebih baik lagi jika meluangkan waktu sekitar 20 menit untuk peregangan

2. Latihan kardio

Menjaga tulang belakang tetap sehat bisa dilakukan dengan latihan kardio, entah itu berjalan atau berenang. Masukkan latihan kardio sebagai jadwal harian.

3. Posisi duduk di kursi

Posisi ketika sedang duduk di atas kursi juga ada aturannya. Pastikan pinggul harus lebih tinggi dari lutut. Sementara itu posisi lengan harus berada di atas kursi, bukan sebaliknya.

4. Posisi duduk di lantai

Bagaimana dengan posisi duduk di lantai? Apakah ada ketentuan layaknya duduk di kursi? Tentu ada, taruh bantal di bawah pinggul ketika duduk di atas lantai.

5. Suplemen tambahan

Memperkuat tulang belakang tak hanya dari memperbaiki posisi duduk atau latihan kardio, tubuh perlu asupan vitamin D yang bisa diperoleh secara alami dari makanan. Jika kebutuhan asupan masih kurang, boleh saja minum suplemen tambahan.

Itulah lima tips sederhana yang bisa dilakukan siapa saja untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang belakang. Tidak terlalu sulit, bukan? Selamat mencoba.