salad-buah-tokomesin

Teknoflas.com – Buah adalah makanan yang memiliki khasiat bagi kesehata tubuh. Namun, cara mengolah buah hingga dapat kita nikmati tentu akan memengaruhi khasiat buah tersebut dalam tubuh. Sedangkan anak cenderung tidak menyukai sayur maupun buah yang tidak ada variasi. Lantas, mana yang lebih baik?

Rini Sekartini, seorang d okter spesialis anak, mengatakan bahwa konsumsi buah potong untuk anak lebih baik dibandingkan dengan buah yang dijus. Terlebih jika konsumsi buah potong diberikan kepada anak-anak yang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan atau obesitas sebagai makanan selingan. Terdapat proses mengunyah, tambahnya, di mana proses tersebut enzim pencernaan membantu penyerapan zat dalam buah.

Namun, apabila buah dikonsumsi dalam bentuk jus buah, proses ini tidak akan ada. Dalam beberapa tegukan atau sedotan saja, sari buah sudah sampai ke dalam perut. Inilah yang menjadi penilaian Rini yang menyebabkan buah potong lebih baik.

Selain memunculkan peran enzim dalam penyerapan, proses mengonsumsi buah potong juga dapat membantu perkembangan oral anak. Dengan mengonsumsi buah potong anak akan lebih sering mengunyah sehingga kemampuan berbicara menjadi meningkat.

Melihat manfaat yang telah disebutkan, mungkin anda perlu membiasakan untuk memberikan makanan selingan untuk anak Anda di rumah. Buah potong dapat menjadi salah satu pilihannya.