7042469

Teknoflas.com – Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, daya ingat manusia cenderung menurun. Dr. Roshini Raj, dari majalah Health sepeti dikutip TODAY mengatakan bahwa ada beberapa tips untuk menjaga supaya ingatan tetap tajam.

1. Ikan salmon
Adanya lemak yang dikandung ikan sangat kaya akan zat Omega-3 atau yang biasa dikenal dengan DHA. Raj mengatakan bahwa DHA sangat baik untuk otak kita. Selain itu, penelitian juga menunjukkan ikan salmon dapat memperbaiki fungsi kognisi dan ingatan.


2. Sayuran hijau
Jangan buru-buru membenci sayuran hijau. Sayuran hijau ternyata dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorag, “Perempuan yang mengonsumsi satu hingga dua porsi bayam saja, bisa membuat otak mereka 11 tahun lebih muda dari mereka yang tidak makan bayam,” ungkap Raj.

3. Lemak yang sehat
Selain itu, makanan yang baik untuk jantung juga baik untuk otak. Semakin lancar pembuluh darah, semakin banyak baik kemampuan kognisi seseorang. Anda dapat mencoba minyak zaitun yang mengandung oleocanthal, yang juga baik untuk otak Anda.


4. Mendengarkan musik
Menikmati musik klasik ternyata dapat memperkuat ingatan. Bahkan menurut penelitian, mendengarkan musik klasik dapat mempertajam ingatan dan juga fungsi koginisi seseorang.


5. Tertawa
Raj mengungkapkan bahwa dengan menyediakan 20 menit untuk tertawa dalam sehari dapat membantu fungsi otak anda.

6. Meditasi 
Meditasi memiliki manfaat yang positif bagi otak, bahkan terekam di dalam MRI. Tidak sulit, untuk memulainya, gunakan rumus 7-7-7, yakni 7 detik menarik napas, 7 detik menahannya dan 7 detik untuk melepaskannya. 

7. Jangan putus asa
Banyak orang mengatakan bahwa di usia yang menginjak 20 tahun daya ingat cenderung menurun, namun ada beberapa bagian ingatan yang akan membaik seiring berjalannya usia. Hal ini sering disebut kecerdasan yang mengkristal. Yakni kemampuan untuk mengintegrasikan pengalaman, keterampilan dan pengetahuan. Kecerdasan tersebut akan mencapai puncaknya pada usia 60 dan 70 an tahun.

8. Coba ucapkan tiga kali
Karena faktanya banyak dari kita bahkan tidak mendengarkannya saat pertama kali mendengar sesuatu,” kata Raj. Coba anda ucapkan kata-kata yang perlu anda ingat. Dengan demikian, otak anda akan merekam dengan baik apa-apa yang harus diingat. Termasuk nama seseorang.