Teknoflas.com – Sebagian PC desktop atau komputer tak dilengkapi speaker built-in layaknya laptop. Oleh karena itu, pengguna perlu menyediakan alat tambahan seperti speaker atau headset untuk mendengar suara.

Apa jadinya jika tak punya semua alat di atas…? Sudah pasti tak bisa mendengar suara apapun. Untungnya ponsel android bisa dimanfaatkan sebagai speaker komputer dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

image
Ubah Smartphone Jadi Speaker Komputer

Google Play Store menyediakan beragam aplikasi untuk mengubah smartphone android menjadi speaker komputer, sebut saja SoundWire, WiFi Speaker dan Airfoil Speakers. Nama pertama jadi pilihan populer untuk memutar musik dari komputer ke smartphone tanpa sambungan kabel perantara.

Sebenarnya SoundWire merupakan aplikasi gratisan di Play Store. Sayangnya versi ini tergolong ribet karena kerap menampilkan iklan dan butuh waktu setiap 45 menit sekali untuk proses identifikasi. Jika tak mau ribet, beli saja versi berbayar yang hanya dipatok seharga Rp 48 ribu.

Kehebatan SoundWire berbayar yaitu tambahan sejumlah fitur keren, termasuk kompresi audio Opus tanpa batas untuk 10 koneksi dan bebas gangguan iklan. Lalu, bagaimana cara mengubah smartphone android jadi speaker komputer…?

1. Pastikan komputer dan smartphone android sudah terpasang aplikasi SoundWire. Menginstalnya di komputer tidak begitu sulit, kunjungi saja georgielabs.net yang mana aplikasi tersedia untuk sistem operasi Linux dan Windows.

2. Agar smartphone berubah menjadi speaker komputer, pastikan kedua perangkat terhubung dalam jaringan yang sama. Cukup jalankan aplikasi di masing-masing perangkat, maka keduanya bakal terhubung satu sama lain secara otomatis.

3. Silahkan simak jendela SoundWire Server yang terpasang di PC, nantinya ada tampilan ‘Input Select’. Pilih ‘Default Multimedia Device’ jika komputer memakai Windows 7 atau 8. Bagi komputer yang masih terpasang Windows XP, pilih saja antara What U Hear, Wave Out Mix dan Stereo Mix. Sementara komputer Linux bisa mengikuti instruksi file README.

4. Sekarang coba putar file musik di komputer untuk mendengar suara yang dihasilkan oleh smartphone. Apabila kurang begitu puas, silahkan ubah pengaturan suara pada SoundWire Server yang terpasang di komputer.

Ternyata tidak begitu sulit mengubah smartphone android jadi speaker untuk komputer desktop, semua pengaturan bisa selesai dalam 1 menit. Selamat mencoba.