Teknoflas.com – Sekarang makin banyak orang yang memakai smartphone kesayangan untuk download file ukuran besar. Namun tak jauh berbeda dari aktivitas download via komputer, terkadang proses unduh memakan waktu lama dan bisa putus di tengah jalan.

Tentu stres dan marah jika file ukuran besar tiba-tiba gagal unduh. Sebenarnya ada trik khusus untuk mengatasinya, mulai dari menambah tweak di sistem smartphone hingga memasang aplikasi pihak ketiga yang berfungsi menambah kecepatan transfer data ke smartphone android.

image
Cara download file besar di smartphone

Berikut ini cara cepat download file ukuran besar di smartphone android tanpa terputus ataupun gagal.

Browser ringan

Agar aktivitas download jadi lebih cepat, kurangi beban kinerja smartphone dengan memakai browser yang enteng dan pilihan terbaik jatuh pada Opera Mini. Browser ini menyediakan fitur kompresi yang membuat akses buka situs jadi lebih cepat sehingga proses unduh lebih ringan.

Aplikasi download manager

Salah satu keunggulan download via komputer adalah kebebasan memakai aplikasi download manager seperti IDM. Aplikasi tersebut tak hanya mengoptimalkan kecepatan, namun memungkinkan pengguna mengatur proses unduh secara terjadwal. Ternyata aplikasi serupa juga tersedia di toko aplikasi android, salah satu yang paling populer adalah AndroGet.

Jika ingin download file ukuran besar di perangkat android, disarankan memasang AndroGet di smartphone. Adapun keunggulan yang ditawarkan seperti:

1. Proses download lebih cepat.

2. Download file ukuran besar jadi lebih gampang.

3. Bisa download dari link share ataupun browser.

4. Antrian file download atau queue.

5. Proses download lebih mudah berkat Pause, Stop, Resume dan Retry.

6. Mendukung download via proxy.

7. Mendukung overwrite atau rename.

8. Adanya dukungan Dropbox.

9. Dukungan terhadap sejumlah situs file sharing seperti MediaFire dan sejenisnya.

Itulah cara cepat download file ukuran besar di smartphone android, tidak terlalu sulit bukan? Agar merasakan kecepatan transfer data optimal, pastikan berada di area yang mendukung jaringan HSDPA, 4G LTE ataupun koneksi wifi berkecepatan tinggi yang jarang pengguna.