Teknoflas.com – Jawa Timur merupakan provinsi yang paling berdekatan dengan Bali. Namun, walaupun berdekatan dengan Bali, tidak membuat Jatim memiliki pesona wisata karena lokasi yang tidak jauh dari Pulau yang paling terkenal di dunia.

Jawa Timur memiliki pesona tersendiri yang patut diperhitungkan. Keberadaan wisata di kota-kota di Jatim pasti membuat anda tidak ingin berhenti dalam menikmati keindahan dan keunikan provinisi yang beribukota Surabaya ini. Tidak seperti Bali yang kaya akan wisata alamnya, Jatim tidak berpaku pada wisata alamnya saja, bahkan wisata bersejarah pun menjadi tempat yang ramai dikunjungi wisatawan. Wisata kuliner tidaklah lupa, kekayaan kuliner Indonesia juga merupakan bukti bahwa Jatim adalah provinsi yang memiliki kuliner khas yang dapat anda coba.

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang terkenal adalah pecel. Ya, makanan dengan bumbu saus kacang beserta bumbunya membuat anda pasti mengingat dan bernostalgia tentang Jawa Timur. Madiun tidak hanya kaya akan pecelnya, beberapa tempat wisata berikut sangat pas untuk anda kunjungi ketika berkunjung ke sana.

Wana Wisata Grape

wana-wisata-grape-1

Wana wisata Grape adalah tempat wisata yang terletak tepat di kaki gunung Wilis. Jaraknya sekitar 15 Km dari kota Madiun dan berada di pinggir hutan jati dengan luas area kira-kira 1,5 hektar. Wilayah itu merupakan wilayah KPH Madiun.

Tempat wisata ini sangat cocok escape setelah melakukan rutinitas sehari-hari yang membuat diri penat. Grape merupakan salah satu obyek wisata yang bernuansa sejuk dan alami. Terdapat sungai jernih yang mengalir dan bersumber dari mata air pegunungan Dungus, membuat tempat ini asyik untuk melakukan hiking bahkan sekadar berkemah.

Taman Wisata Umbul

Taman-Rekreasi-Umbul

Berlokasi di Desa Glonggong, kecamatan Dolopo, tempat ini berjarak 20 km dari kota Madiun ke arah selatan. Pesona peninggalan Belanda ini berupa kolam renang, pesanggrahan, kebun binatang mini, rumah makan, tempat bermain anak dan juga sumber air belerang. Anda dapat menikmati seharian di tempat ini karena tersedia penginapan. Pemandangan indah yang disuguhkan di sini terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 mdpl.

Air Terjun Krecekan Danu

img_3162a

Air terjun ini berlokasi di desa Kepel dekat dengan Grape yang hanya berjarak sekitar 4 km. Air terjun ini dapat dikatakan masih baru ditemukan oleh warga, maka jangan kesal terlebih dahulu jika menuju ke sana memerlukan tenaga ekstra.