boy-and-girl-love-image-and-wallpaper-26

Teknoflas.com – Berdasarkan sebuah penelitian di Universitas Georgia, mengungkapkan rasa terima kasih kepada pasangan adalah obat mujarab dalam mempertahankan hubungan asmara.

Studi tersebut menemukan bahwa mengucapkan ‘terima kasih’ dan menunjukkan penghargaan dapat menjadi penghalang perceraian yang efektif, dan menentukan seberapa besar komitmen pasangan dalam hubungan mereka.

Selain itu, perasaan bersyukur juga dapat mencegah dampak konflik dan pengalaman negatif yang tidak diinginkan. ““Studi ini menunjukkan kekuatan ucapan ‘terima kasih’,” ujar Allen Barton, penulis utama penelitian dari Pusat Penelitian Universitas Georgia untuk Penelitian Keluarga, dalam jurnal Personal Relationships.

Menurutnya, jika pasangan mengalami kesusahan dan kesulitan, dua kata magis tersebut bisa mengurangi tekanan dan membuat mereka merasa diperhatikan walau hanya mengucapkan terima kasih telah membuatkan makanan favorit.

Kepedulian pda pasangan yang diungkapkan lewat hal-hal kecil dirasa berdampak positif pada kehidupan percintaan. Studi ini bertanya melibatkan sekitar 468 orang yang telah menikah tentang kesejahteraan keuangan, apakah mereka tipe ‘penuntut’ atau ‘tidak peduli’ dalam mengekspresikan rasa peduli kepada pasangan.

Rasa syukur dapat diukur lewat seberapa dihargai seseorang oleh pasangan mereka. Hal ini ternyata merupakan caraa memprediksi paling konsisten untuk menilai kualitas pernikahan. Mengatakan ‘terima kasih’ dan sikap menghargai juga bisa memperbaiki siklus komunikasi yang buruk ketika pasangan sedang tertekan.

“Kami menemukan, bahwa ketika pasangan sedang mengalami konflik, ungkapan terima kasih dan penghargaan bisa menangkal atau mencegah efek negatif ketidakstabilan pernikahan,” jelas Ted Futris dari College of Family and Consumer Science, dilansir dari Independent.

“Studi ini penting, sebab menyoroti cara praktis yang membantu pasangan memperkuat hubungan mereka, terutama jika mereka tengah berada dalam konflik.”