Teknoflas.com – Saat ini para ilmuwan masih terus bekerja keras mencari jawaban pasti mengapa daging olahan dan daging merah bisa mengakibatkan kanker di tubuh manusia. Sementara ini penyebab utama yaitu senyawa kimia yang ditemukan pada jenis daging tersebut.

image
cara daging olahan memicu kanker

Ketika manusia mengkonsumsi daging merah, maka usus manusia secara otomatis akan mengubah senyawa haem menjadi N-nitroso. Ternyata senyawa tersebut merusak sel-sel yang berada di pencernaan, hal ini mendorong sel-sel tersebut memperbanyak diri agar sembuh.

Sayangnya tindakan tersebut justru berakibat fatal karena meningkatkan potensi kesalahan pengembangan sel-sel DNA yang menjadi langkah awal bagi kanker. Selain itu daging olahan mengandung beragam senyawa kimia yang mengubah N-nitroso di usus.

Memasak daging merah dan daging olahan dalam temperatur tinggi juga dapat menciptakan beragam senyawa yang mendongkrak resiko kanker. Hal ini justru tak terjadi pada jenis daging lainnya.

Selain itu ada sejumlah teori yang disimpulkan oleh para peneliti bahwa zat besi di daging merah punya peran dalam pembentukan sel kanker. Sementara itu peneliti juga mencurigai bakteri di usus yang juga punya peran pendukung.

Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa daging merah dan daging olahan punya beragam senyawa berbahaya yang meningkatkan resiko kanker. Semua itu sudah dibuktikan langsung oleh tim peneliti. Jadi tak peduli kualitas atau dimana membeli jenis daging tersebut, namun sebaiknya tidak mengkonsumsi sama sekali.