Teknoflas.com – Resiko kanker payudara bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Berdasarkan hasil studi para ahli, penyakit mematikan ini menyerang aset berharga wanita karena pengaruh gen keturunan, gaya hidup atau faktor lainnya.

Kacang kedelai lawan kanker payudara (doc/momjunction.com)
Kacang kedelai lawan kanker payudara (doc/momjunction.com)

Menurunkan resiko kanker payudara bisa dengan menjaga keseimbangan berat badan, tidak merokok dan rutin olahraga. Penerapan pola makan sehat juga memberi dampak besar dalam menekan pertumbuhan sel kanker.

Berikut ini lima jenis makanan yang secara medis terbukti mengurangi resiko kanker payudara pada kaum wanita.

1. Teh hijau

Hasil studi menyebutkan bahwa teh hijau ampuh membatasi pertumbuhan sel tumor. Teh hijau memiliki sejumlah senyawa hebat, salah satunya polyphenol, yang cegah protein mempromosikan pertumbuhan sel kanker dan bermigrasi.

2. Asam folat

Mengkonsumsi makanan kaya asam folat, bagian dari Vitamin B, sangat bermanfaat melawan kanker payudara. Studi pada wanita pasca menopause menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen asam folat mengalami penurunan resiko 22 persen terhadap kanker payudara.

3. Kacang kedelai

Berdasar hasil studi, kacang kedelai mengandung isoflavon, sejenis estrogen dari tanaman yang dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Studi dilakukan oleh American Association for Cancer Research pada 2012 silam menunjukkan bahwa wanita yang setiap hari mengkonsumsi setengah porsi kacang kedelai kaya isoflavon mengalami penurunan resiko kanker payudara sebanyak 30 persen.

4. Minyak ikan

Asam lemak omega 3 banyak terkandung di minyak ikan. Hasil studi menyebutkan, wanita yang mengkonsumsi minyak ikan kaya omega 3 mengalami penurunan resiko kanker payudara sebanyak 14 persen. Disarankan setiap minggu mengkonsumsi satu atau dua porsi minyak ikan yang berasal dari salmon atau sarden.

5. Biji bunga matahari dan labu kuning

Kedua biji tersebut mengandung estrogen dalam jumlah besar. Berdasar hasil studi yang dirilis Nutrition and Cancer pada 2012, 3000 pasien kanker payudara dan 5000 wanita tanpa penyakit itu, mengkonsumsi kacang kedelai dan kedua biji tersebut yang terbukti manjur mengurangi resiko kanker payudara setelah menopause.

Itulah lima makanan yang terbukti manjur mengurangi resiko penyakit kanker payudara pada wanita.