Teknoflas.com – Pengguna smartphone semakin dimanjakan dengan layanan aplikasi pesan instan atau chat yang terus tumbuh menggantikan SMS. Sekarang ini ada beragam developer lokal atau internasional yang menawarkan chat service dengan sejumlah kelebihan dan kekurangan.

image
10 aplikasi chat android populer

Berikut ini daftar 10 aplikasi chat populer android yang merajai Google Play Store jelang penutupan tahun 2015.

Telegram

Aplikasi chat gratisan yang mengusung dua fitur utama yaitu keamanan dan kecepatan. Bagi yang butuh aplikasi pengiriman pesan super ngebut dan tingkat keamanan super tinggi, aplikasi ini layak berada di urutan pertama.

WeChat

Bukan sekedar aplikasi chat biasa, pengguna bisa mengirim pesan via Android Wear, PC atau laptop. Pengguna bisa memakainya untuk bertelepon ria ataupun video call secara gratis yang menguras data internet.

Signal

Satu lagi aplikasi chat yang mengandalkan keamanan super ketat. Setiap pesan yang terkirim dan diterima akan di-enkripsi terlebih dahulu. Selain itu, pihak developer turut menyediakan fitur chat grup.

BBM

Dikenal populer bagi masyarakat Indonesia, BlackBerry Messenger (BBM) sudah punya tempat tersendiri yang tak tergantikan. Ada banyak fitur keren yang membuatnya berbeda dari pesaing sejenis, salah satunya status.

Snapchat

Aplikasi chat unik yang memungkinkan pengiriman gambar cepat disertai caption. Kini perkembangan snapchat semakin mutakhir, apalagi mendukung video snaps untuk sentuhan berbeda.

LINE

Salah satu aplikasi chat populer dunia yang menawarkan obrolan perorangan, grup chat, video call gratis dan voice call gratis. Tak jauh berbeda seperti WeChat, aplikasi LINE juga menyediakan software yang bisa terpasang di komputer/laptop.

Hangouts

Aplikasi super komplit yang bisa diakses via smartphone, tablet hingga komputer. Fitur unggulan yaitu chat grup hingga 100 orang, video call, kirim stiker dan emoji. Salah satu kelebihannya yaitu mendukung GIFs.

Groupme

Kini Groupme telah menjadi salah satu aplikasi chat populer android di Google Play Store yang menawari chat one by one ataupun grup. Aplikasi juga mendukung emoji dan bisa kirim via komputer di website.

Whatsapp

Perkembangan whatsapp terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Kecepatan pengiriman pesan dan tak banyak menguras kinerja perangkat tetap jadi keunggulan utama. Kini pengguna bisa berbagi lokasi dan support Android Wear.

Facebook Messenger

Dahulu Facebook Messenger hanya bersifat biasa, namun sudah mengalami perkembangan hebat dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi mendukung grup chat, voice call, berbagi video dan gambar. Kemudahan pemakaian jadi sorotan utama.