Teknoflas.com – Google Maps memang sangat membantu pengguna smartphone cari alamat dan lokasi yang belum pernah didatangi sebelumnya. Sayangnya aplikasi handal itu mengandalkan fitur GPS dan koneksi data internet yang justru menguras tenaga baterai lebih cepat bila aktif secara bersamaan.

image
Google Maps secara offline

Demi mengatasi masalah klasik yang sering dikeluhkan oleh sejumlah pengguna, pengembang Google Maps meningkatkan pembaruan sehingga layanan bisa dinikmati secara offline tanpa sambungan GPS dan internet. Bagaimana cara menikmati fitur keren serbaguna ini?

1. Pastikan perangkat smartphone atau tablet sudah terhubung dan masuk ke akun Google.

2. Buka aplikasi Google Maps yang sudah terpasang di perangkat.

3. Cari tempat, lokasi atau kota yang ingin ditelusuri, sebagai contoh “Surabaya”.

4. Coba tengok di bagian bawah, sentuh layar bilah tempat nama tempat atau lokasi ditelusuri.

5. Tengok bagian kanan atas, sentuh tanda titik tiga atau dikenal dengan nama ‘three vertical dots’.

6. Untuk menyimpan peta lokasi yang ingin ditelusuri, pilih saja peta offline dan tinggal mengikuti petunjuk yang tertampang di layar.

7. Untuk mulai menikmati panduan peta secara offline, buka yang sudah disimpan sebelumnya dengan menyentuh Menu -> Tempat Anda -> Sorong ke bawah hingga menuju ‘Peta Offine’ lalu sentuh ‘Tampilkan semua dan kelola’.

Harus diingat, tidak semua area menyediakan pengunduhan area offline di Google Maps. Sementara itu ukuran terbesar peta offline adalah 50 x 50 km. Jika coba menyimpan area lebih besar dari ukuran maksimum, maka diminta perbesar ke area lebih kecil.