Teknoflas.com – Pergi liburan menyimpan manfaat hebat untuk dongkrak fisik dan mental, bahkan sudah banyak penelitian yang membahasnya. Jangan buang kesempatan pergi ke sejumlah tempat seru bareng teman dan keluarga untuk sekedar menikmati ‘quality time’ akhir pekan.

image
manfaat liburan untuk fisik dan mental

Berikut ini lima manfaat hebat pergi liburan untuk dongkrak fisik dan mental.

1. Rasa senang

Menyusun rencana perjalanan akan membuat seseorang merasa lebih senang dan bahagia, ini berdasar hasil penelitian University of Surrey, Inggris, pada tahun 2001. Fakta ini semakin diperkuat oleh hasil penelitian Cornell University pada tahun 2014 bahwa menyusun rencana dan menanti perjalanan liburan membuat orang lebih bahagia daripada berbelanja.

2. Usir stres & emosi negatif

Berdasar hasil survei tahun 2013 yang dilakukan oleh American Psychological Association menemukan bahwa liburan bantu mengusir stres dan emosi negatif yang terpendam di dalam benak. Berada di tempat baru dengan suasana yang belum pernah dialami sebelumnya menimbulkan kesan positif.

3. Redam peluang depresi

Rutinitas kerja dan suasana perkotaan yang padat merayap mendorong seseorang lebih rentan kena depresi. Hal tersebut semakin diperburuk dengan hasil penelitian Marshfield Clinic di Wisconsin Amerika Serikat yang menyebut wanita lebih gampang stres karena kurangnya berlibur. Dengan meluangkan waktu liburan, maka tubuh dan pikiran kembali segar sehingga bebas dari peluang depresi.

4. Kurangi resiko serangan jantung

Hasil penelitian American Psychosomatic Society menyebutkan bahwa mereka yang rutin pergi liburan memiliki resiko 21 persen lebih rendah kena serangan. Mengapa demikian? Liburan justru membuat seseorang lebih aktif bergerak dibandingkan harus tinggal di rumah dan bekerja di kantor.

5. Nambah pengalaman

Selain usir stres dan cegah depresi, pergi liburan akan membuat seseorang memperolah pengalaman hidup berharga yang jarang ditemui sebelumnya. Berdasar hasil penelitian tahun 2010 oleh Cornell University menyebutkan bahwa pengalaman dari liburan akan membawa rasa bahagia yang lebih tahan lama dan kesan berharga dalam ingatan.

Itulah lima manfaat hebat pergi liburan untuk dongkrak kondisi fisik dan mental. Oleh karena itu, setidaknya dalam sebulan luangkan waktu berlibur ke tempat-tempat baru bareng teman, keluarga ataupun sendirian.