Teknoflas.com – Sebelum menjual ponsel android lawas, ada lima langkah penting yang wajib dilakukan terlebih dahulu agar segala identitas terkait kepemilikan lama tidak diakses oleh pemilik baru. Berikut ini langkah demi langkah ‘membersihkan’ perangkat agar seperti barang baru sebelum berganti tangan ke orang lain.

image
tips menjual ponsel android bekas

1. Keluarkan SIM card

Sebelum menjual ponsel android lawas, ada baiknya mencabut SIM card. Jangan pernah meninggalkan kartu komunikasi tersebut, apalagi menyimpan daftar kontak penting dan nomor sudah dipakai sejak lama. Pada sebagian besar merek ponsel tidak begitu sulit untuk mengeluarkan SIM card, namun ada kalanya memakai sebuah alat khusus demi membuka SD card tray.

2. Copot kartu memori

Jika ponsel android lama terpasang kartu memori, jangan pernah lupa untuk mencopotnya. Tidak begitu sulit melepas kartu memori, cukup mencari slot pemasangan yang biasa terletak di ujung ponsel atau belakang cover baterai. Sebelum mencopot kartu memori, jangan lupa menyalin/copy semua foto, aplikasi dan dokumen yang masih ada di memori ponsel.

3. Hapus data penting

Usai mem-backup data penting, langkah selanjutnya yaitu menghapus data yang masih tersimpan di ponsel dengan cara factory reset. Tidak begitu sulit melakukan hal ini, baca saja buku panduan yang biasanya terselip di kemasan. Factory reset bakal mengembalikan kondisi ponsel seperti pertama kali beli dengan menghapus semua data penting pengguna.

4. Pembersihan eksterior

Menghapus data penting yang ada di ponsel seringkali disebut pembersihan interior. Oleh karena itu, jangan lupa membersihkan bagian eksterior demi mendongkrak nilai jual di mata calon pembeli. Pembersihan bisa dilakukan dengan menyingkirkan goresan debu, kotoran dan minyak yang ada di permukaan layar. Ada banyak panduan di internet mengenai cara pembersihan eksterior, ikuti saja sesuai kondisi yang tengah dihadapi. Untuk memberi kesan positif kepada calon pembeli, pasang screen protector baru dan mengganti cover baterai.

5. Pengemasan

Usai melakukan semua langkah di atas, maka tinggal menyiapkan kembali kotak ponsel dan mengumpulkan semua aksesoris pendukung seperti charger dan headphone. Semakin bagus kondisi kotak dan kelengkapan ponsel, maka harga jual bekas tidak terlalu jatuh alias masih bernilai.