Teknoflas.com – Mengkonsumsi makanan sehat sangat baik untuk anak-anak yang menderita diabetes tipe 2 karena bantu mengendalikan berat badan dan tekanan gula darah. Orang tua mungkin sering mendengar kalimat ‘makanan sehat’ namun belum mengerti seutuhnya.

image
Nutrisi untuk anak diabetes tipe 2

Berikut ini lima tips nutrisi membangun pola makan sehat untuk anak-anak yang mengidap penyakit diabetes tipe 2.

1. Atur porsi makan

Makan dengan jumlah porsi tepat bantu mengendalikan tekanan gula darah dan berat badan. Seperti apa sih batasan jumlah porsi makan anak-anak? Porsi makan tentu harus sesuai dengan usia dan tingkat aktivitas, apalagi setiap anak butuh jumlah makanan yang berbeda untuk tumbuh dan menyimpan energi. Untuk mengetahui cara penentuan porsi makan anak, coba kunjungi laman Choosemyplate.org.

2. Jauhi minuman manis

Mengkonsumsi minuman dengan gula tambahan bakal mendongkrak jumlah kalori di dalam tubuh yang tersimpan sebagai lemak jika gagal terbakar. Jauhi minuman yang mengandung soda karena sangat berbahaya untuk anak-anak pengidap diabetes tipe 2. Lebih baik mengkonsumsi susu rendah lemak atau air putih.

3. Sarapan

Sejumlah studi menyebutkan sarapan sangat penting sebelum mengawali aktifitas. Tak hanya memberi energi, melainkan menjaga keseimbangan gula darah dan mengurangi resistensi insulin. Sarapan berkualitas harus penuh dengan makanan kaya serat tinggi, protein murni dan lemak sehat. Pastikan tidak melewati sarapan di pagi hari.

4. Sayuran & buah

Setiap hari tubuh seharusnya mengkonsumsi lima porsi sayuran dan buah-buahan. Makanan tersebut kaya serat, mineral, vitamin dan rendah kalori yang sangat baik untuk tubuh karena bantu kendalikan gula darah dan berat badan. Buah sangat dianjurkan makan langsung utuh, sedangkan sayuran ditumis, sop kuah atau masak setengah matang.

5. Cemilan sehat

Anak-anak doyan ngemil, begitu pula yang menderita diabetes tipe 2. Pilih cemilan kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, yogurt ataupun kacang-kacangan. Hindari cemilan olahan seperti kue, biskuit atau keripik yang tersedia di toko. Cemilan dengan pengolahan alami nan rendah kalori bantu mencegah kenaikan gula darah dan penumpukan lemak tak sehat.