buang-sampah-sembarangan-di-jakarta-ahok-penjara-dan-denda-rp-1-juta_a014c

Teknoflas.com – Banjir menjadi hal yang cukup meresahkan masyarakat dewasa ini, khususnya masyarakat di wilayah perkotaan. Minimnya penampungan air hujan memang menjadi salah satu penyebab. Hal tersebut dapat diatasi dengan pengerukan kali secara berkala. Namun, penyebab lain yang sangat mempengaruhi keberadan banjir ternyata terletak pada kebiasaan masyarakat yakni membuang sampah sembarangan.

Salah satu kota yang sering diserang banjir adalah Jakarta. Kota yang menjadi pusat hiruk-pikuk negara ini hampir setiap tahun dilanda banjir. Kita semua tahu bahwa sampah yang dibuang secara sembarangan dapat menyumbat aliran air pada selokan contohnya. Lalu, mengapa masyarakat Jakarta masih suka membuang sampah sembarangan?

Beberapa poin berikut mungkin menjadi penyebab mengapa perilaku membuang sampah sembarangan sulit dihilangkan,

1. Kebiasan masyarakat ketika membuang sampah.

Mungkin masyarakat secara tidak sadar bahwa membuang sampah sembarangan adalah hal yang biasa. Realitanya, sampah-sampah yang mengalir di atas sungai mampu menyumbat saluran air kemudian berujung pada banjir.

2. Pengaruh lingkungan

Semua orang melakukannya, maka kegiatan membuang sampah sembarangan dianggap biasa. Lama-kelamaan, kebiasaan hasil bentukan masyarakat membuat setiap orang menganggap membuang sampah sembarang bukanlah perilaku yang salah.

3. Fasilitas tempat sampah


Keberadaan tempat sampah yang kurang memadai juga dapat menstimulus masyarakat untuk membuang sampah sembarangan.

Kebiasaan buruk dapat diubah. Dengan mengetahui alasan di atas, akan menjadi lebih baik jika kita mampu mengubah diri untuk mengurangi kebiasaan yang dapat merugikan orang lain secara luas.