Teknoflas.com – Januari 2016 merupakan bulan keberuntungan bagi mereka yang tengah mencari smartphone murah dengan spesifikasi sangar. Konsumen langsung dihadapkan dua pilihan keren yakni Xiaomi Redmi 3 dan Lenovo Lemon 3. Kedua ponsel pabrikan asal China itu siap bersaing merebut hati calon konsumen karena mengusung spesifikasi dan harga setara. Lalu, siapa paling unggul?

Jika ingin membeli smartphone baru nan murah di Januari, berikut perbandingan Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3 dari beberapa aspek.

image
Perbandingan Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3

Desain

Xiaomi Redmi 3 sekilas memiliki tampang mirip abangnya, Redmi Note 3, yang baru saja rilis November tahun lalu. Bodi ponsel dilapisi sentuhan aluminum yang terasa nyaman di tangan, apalagi bodi belakang diberi tampilan unik. Secara keseluruhan begitu mewah dan modern. Bedanya dari sang abang, Redmi 3 minus fitur pemindai sidik jari sehingga harganya jauh lebih murah.

Sementara itu Lenovo Lemon 3 mengusung layar 5 inci sama persis dengan Redmi 3, akan tetapi bobotnya jauh lebih ringan dibandingkan produk buatan Xiaomi. Bodi belakang ponsel berkesan minimalis, bahkan hanya ada logo Lenovo saja. Jika diperhatikan secara seksama, Lemon 3 mirip dengan K3 Note. Menilai dari segi desain, Redmi 3 lebih mempesona.

Spesifikasi

Kekuatan spesifikasi Xiaomi Redmi 3 dan Lenovo Lemon 3 tidak jauh berbeda karena sama-sama ditenagai prosesor Snapdragon 616 dan memori RAM 2GB. Keduanya juga menawarkan slot memori eksternal kartu microSD. Calon pembeli juga bisa mencicipi kamera belakang 13MP LED flash dan kamera depan 5MP.

Perbandingan Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3 mulai terlihat dari sektor layar. Meski sama-sama mengusung layar 5 inci, Redmi 3 hanya mengusung kualitas HD resolusi 720 x 1,280 sedangkan Lemon 3 kualitas Full HD resolusi 1,920 x 1,080. Perbedaan juga berada di sektor kapasitas daya baterai, Xiaomi usung 4,100 mAh sedangkan Lenovo hanya 2,750 mAh.

Harga

Harga kedua ponsel ini benar-benar ramah di kantong, dilempar ke pasaran seharga 699 Yuan atau sekitar US$106. Dengan jumlah nominal murah meriah, konsumen bisa menikmati smartphone dengan layar 5 inci, memori RAM 2GB dan kamera oke. Tak bakal rugi keluar duit membeli Xiaomi Redmi 3 ataupun Lenovo Lemon 3.

Kesimpulan akhir

Bila melihat perbandingan kekuatan Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3 yang sama-sama dibekali tenaga, penyimpanan dan kamera selevel, maka sulit bagi konsumen menentukan pilihan. Jika lebih mengutamakan desain dan baterai sangar, Redmi 3 merupakan pilihan tepat meski resolusi layar cuma HD. Apabila doyan nonton video dan kagumi foto-foto di Instagram, pilih saja Lemon 3 yang dibekali resolusi Full HD meski daya baterai tak sebongsor Redmi keluaran terbaru.