Teknoflas.com – Facebook hingga kini masih menjadi salah satu sosial media terpopuler dengan jumlah pengguna lebih dari 1 milyar. Menyadari potensi besar perkembangan smartphone, Mark Zuckenberg dkk menciptakan aplikasi Facebook for Android agar pengguna lebih mudah akses akun kesayangan dimana dan kapan saja.

image
Tips Memaksimalkan Facebook for Android

Walaupun mengusung manfaat luar biasa, aplikasi Facebook for Android justru memperoleh banyak keluhan karena menguras daya baterai dan performa smartphone. Jika anda mengalami hal serupa dan enggan menghapus aplikasi secara permanen, setidaknya boleh menjajal tujuh tips di bawah ini!

1. Pakai widget

Widget milik Facebook sangat sederhana namun bermanfaat. Pengguna bisa baca dan buat status tanpa harus membuka utuh aplikasi. Dengan demikian lebih hemat pemakaian data, memori RAM dan daya baterai.

2. Atur notifikasi

Ogah dengar suara notifikasi untuk semua postingan? Facebook for Android memungkinkan pengguna mengatur notifikasi sehingga hanya memunculkan suara untuk jenis tertentu, entah itu wall posts, messages, comments, friend requests, photo tags, event invites dan masih banyak lagi.

3. Filter news feed

Tak ingin membaca news feed dari banyak teman? Lebih baik seleksi yang penting saja, lakukan dengan membuka profil teman, tekan Friends > Edit Friend List. Jika ingin tambah atau coret daftar, hanya bisa dilakukan via desktop.

4. Nonaktifkan video autoplay

Video yang muncul di timeline seringkali terputar secara otomatis saat dibuka via aplikasi Facebook for Android. Meskipun bertujuan baik, namun menguras memori RAM dan data internet. Sebaiknya nonaktifkan fitur video auto-play atau bisa juga mencetangkan opsi aktif hanya untuk terkoneksi jaringan Wi-Fi.

5. Nonaktifkan chat heads

Sekarang fitur chatting sudah terpisah via aplikasi Messenger, namun aplikasi Facebook for Android juga memungkinkan pengguna saling berkirim pesan layaknya chatting. Lebih baik fitur ini dinonaktifkan apabila ponsel kesayangan sudah terpasang aplikasi Facebook Messenger.

6. Menyembunyikan feed teman

Timeline sering dipenuhi update status dari teman-teman yang tidak begitu akrab? Daripada harus memblokir atau tidak berteman, lebih baik menyembunyikan feed. Tidak begitu sulit, cukup menuju laman profil yang diinginkan kemudian tekan Following dan pilih Unfollow.

7. Prioritas feed teman

Metode ini hampir mirip dengan langkah nomer 6. Pengguna bisa memilih teman yang boleh menghiasi timeline dengan beragam status atau postingan. Cukup buka laman teman yang diinginkan, kemudian tekan Following dan pilih See First.