Teknoflas.com – Air merupakan sumber kehidupan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Oleh karena itu, ada lima alasan untuk selalu minum air putih sebelum tidur malam. Mengapa demikian? Setidaknya semua terjawab jelas, singkat dan padat di bawah ini seperti dilansir dari laman Boldsky, Senin (24/1/2016).

image
5 alasan minum air putih sebelum tidur

1. Tubuh terhidrasi

Seperti diketahui, minum air putih merupakan cara terbaik agar tubuh selalu terhidrasi ketika tidur. Sebelum naik ke atas tempat tidur dan memejamkan mata, minumlah segelas air terlebih dahulu. Walaupun tubuh tidak beraktifitas selama jam tidur, minum air bantu melegakan hidrasi. Efek positifnya yaitu tubuh lebih segar ketika bangun nanti.

2. Pembersih racun

Setiap hari tubuh menumpuk racun yang menimbulkan bahaya dalam jangka waktu lama. Untungnya air merupakan obat manjur untuk mendorong keluar racun dari tubuh, itulah sebabnya perlu minum air sebelum tidur. Penumpukan racun di dalam tubuh bisa picu kehadiran sejumlah penyakit. Minum air sebelum tidur malam bantu tubuh mengeluarkan semua racun dan menyegarkan badan.

3. Tidur nyenyak

Minum air sebelum tidur bantu tidur lebih nyenyak, apalagi fungsinya sebagai penyeimbang nutrisi, mineral dan vitamin di dalam tubuh. Selama tidur, ketika tak ada aktifitas fisik apapun, air menuju semua bagian tubuh dan bantu menyeimbangkan level energi, mineral, vitamin dan hormon. Tak hanya itu saja, air putih juga bantu menenangkan otot dan sendi sehingga lebih cepat pulih usai beraktifitas berat. Agar tidur lebih nyenyak, jangan kebanyakan minum air sehingga tak bangun malam untuk buang air kecil.

4. Turunkan berat badan

Air putih mengandung nol kalori bila dibandingkan jenis minuman lainnya. Memang benar air putih tidak punya rasa dan aroma, namun memiliki beragam senyawa agar tubuh berfungsi normal. Minum air dingin sebelum tidur bantu membakar kalori. Kok bisa? Ketika meminum air dingin, tubuh secara otomatis bakal bekerja keras untuk menghangatkan air. Dengan demikian, kalori yang tersimpan seharian di dalam tubuh bakal lebih banyak terbakar.

5. Cegah kram otot

Banyak orang mengeluh kram ketika bangun tidur yang sebenarnya dipicu oleh tubuh kekurangan hidrasi. Minum air sebelum tidur memastikan tubuh selalu terhidrasi sehingga mengurangi resiko kram perih dan rasa tak nyaman ketika tidur.