Teknoflas.com – Wortel merupakan salah satu sayuran favorit para vegetarian. Selain renyah dan enak, tubuh memperoleh vitamin A dan masih banyak lagi manfaat hebat bagi kesehatan seperti mencegah penuaaan, kanker, radiasi kulit dan kecantikan. Pada intinya, wortel menyimpan banyak senyawa baik untuk kesehatan kulit.

image
Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Kulit

Menurut hasil studi, wortel kaya kandungan vitamin A, beta-carotene, antioksidan dan mineral. Semua senyawa tersebut menghadirkan perlindungan hebat bagi tubuh melawan beragam permasalahan kesehatan kulit sekaligus merawatnya. Jadi selalu tempatkan sayuran ini ke dalam menu makan harian.

Saat mulai rutin mengkonsumsi sayuran renyah ini, maka terjadi perubahan kadar energi, pencernaan dan kualitas kulit secara keseluruhan. Oleh karena itu, ada lima manfaat hebat wortel bagi kesehatan kulit yang harus diketahui sehingga tak ragu lagi untuk mulai rutin mengkonsumsinya seperti dilansir dari laman Boldsky, Senin (1/2/2016).

Cegah jerawat

Menurut hasil studi, wortel mengandung retinol -senyawa turunan vitamin A- yang bantu cegah penumpukan sel mati di pori-pori kulit. Dengan demikian, jerawat ogah muncul di permukaan kulit. Selain itu retinol turut bantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari yang menurunkan kualitas kesehatan kulit.

Lawan penuaan

Penuaan kulit tak hanya disebabkan bertambahnya usia, namun sejumlah faktor pendukung seperti lingkungan dan sebagainya. Wortel kaya senyawa anti penuaan seperti carotol, Vitamin C dan E. Semua itu bakal melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan menjaganya selalu terhidrasi.

Cegah kanker

Hasil studi membuktikan bahwa rutin makan wortel dapat mengurangi resiko kanker lambung, payudara dan usus. Jadi, masih ogah mengkonsumsi sayuran renyah ini? Hasil studi sudah memperlihatkan hasil positif, sebaiknya tak ada lagi alasan untuk enggan makan wortel.

Penyembuh infeksi

Kandungan carotel bantu melawan material beracun yang masuk diam-diam ke dalam tubuh. Selain itu turut pula bantu pertumbuhan sel-sel baru yang rusak di kulit. Percaya atau tidak, rutin konsumsi wortel bantu menyembuhkan penyakit kulit seperti dermatitis, eksim ataupun luka terinfeksi.

Pelembab alami

Sejumlah hasil studi menyebut wortel sebagai agen pelembab alami. Sayuran renyah ini bantu mengembalikan kelembaban yang hilang sekaligus menjaga kulit terhidrasi dan menyeimbangkan kandungan minyak di kulit.