Teknoflas.com – Liver merupakan salah satu organ metabolisme terpenting di dalam tubuh yang melaksanakan beragam fungsi seperti pemecah molekul hemoglobin, insulin serta hormon lainnya, penghancur sel darah merah berusia tua, penjernih darah, penyimpan zat besi dan vitamin.

image
Minum Teh Hijau Untuk Ginjal Sehat

Fungsi terpenting liver yaitu menghilangkan semua racun dan membersihkan tubuh dari beragam radikal bebas penyebab kerusakan. Sayangnya organ ini rentan rusak akibat buruknya kebiasaan makan dan pengaruh lingkungan. Kondisi organ liver memburuk bisa menyebabkan kehadiran sejumlah penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, mulailah menjaga kesehatan liver. Menghilangkan semua racun dari liver adalah cara terbaik mengembalikan fungsi normalnya. Untung saja ada sejumlah makanan yang dapat membersihkan liver seperti dirangkum teknoflas.com dari laman Boldsky.

Bawang putih

Bahan penyedap makanan ini sudah lama dikenal sebagai pembersih liver. Bawang putih bantu mengeluarkan semua racun berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh, semua berkat kandungan hebat allicin dan selenium. Oleh karena itu, disarankan konsumsi beberapa siung bawang putih.

Gandum utuh

Bahan makanan lain yang ampuh membersihkan liver yaitu gandum utuh. Mengapa demikian? Menurut penelitian para ahli, gandum utuh mengandung gluten yang menyingkirkan racun dari dalam tubuh secara alami.

Minyak zaitun

Membersihkan liver dari bahaya racun semakin efektif bila mengkonsumsi minyak zaitun. Menurut penelitian, minyak ini mengandung senyawa penting yang dapat menyerap racun berbahaya di dalam tubuh dan mengeluarkan. Selain minyak zaitun, jangan lupa konsumsi minyak biji rami.

Sayuran daun hijau

Kandungan klorofil pada sayuran daun hijau bantu menyingkirkan racun-racun berbahaya dari aliran darah. Jenis sayuran ini menetralkan metal berat, pestisida dan beragam senyawa kimia yang masuk diam-diam ke tubuh.

Teh hijau

Menurut hasil penelitian, teh hijau kaya kandungan antioksidan yang bantu menyingkirkan lemak tertimbun di dalam liver. Disarankan minum teh hijau setiap hari untuk mengusir racun di liver, dengan begitu organ ini bisa kembali bekerja sebagaimana mestinya.