Firefox OS Jadi Ajang Pamer Aplikasi Lokal Oleh Mozilla Indonesia

Firefox OS Jadi Ajang Pamer Aplikasi Lokal Oleh Mozilla Indonesia  – Tim Mozila Indonesia sedang gencar – gencarnya memperkenalkan Firefox OS ke kampus – kampus. Setelah sebelumnya ke STIKOM dan Universitas Gunadarma, tim Mozila Indonesia melanjutkan kampanyenya ke Universitas Trunojoyo Madura (UTM) pada tanggal 26 Juni 2013. Dengan Seminar bertema “Mahakarya Teknik” yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Bangkalan Madura 26 Juni 2013.

pocketkumidiponselfirefoxos
Tim Mozila Indonesia terdiri dari Benny Chandra, Yoe One Ariestya Niovitta dan Arief Bayu Purwanto. Dihadapan para peserta yang hadir mereka bertiga memaparkan berbagai hal terkait dengan Mozilla, Mozilla Indonesia dan firefox OS. “Mozilla selalu mengkampanyekan keterbukaan, inovasi, dan peluang di web agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pengguna. Tidak hanya dengan menghadirkan peramban Firefox saja, tapi juga berbagai proyek lainnya,” Benny Chandra, Mozilla Representative dari Surabaya. “Sebut saja seperti Mozilla WebFWD, Mozilla Webmaker, dan yang terbaru adalah Firefox OS. Firefox OS adalah sistem operasi mobile baru dari Mozilla yang dibangun di atas teknologi Open Web,” imbuhnya.

Tim Mozilla juga mempromosikan ponsel Firefox OS Developer Preview jenis Keon dari Geeksphone (perusahaan spanyol rekanan Mozilla). Target pengguna ponsel Firefox OS Developer Preview yaitu pengembang yang menguji aplikasi tersebut bukan untuk pengguna umum. Bagi para pengguna umum akan diluncurkan tersendiri dalam waktu terdekat. Selain itu juga Tim Mozilla menjelaskan mengenai Firefox OS dan peluang terkait yang dpat dimanfaatkan oleh para mahasiswa perserta yang hadir dalam seminar tersebut.

Pada acara seminar itu juga Mozilla memperkenalkan dua aplikasi lokal untuk Firefox OS. Dimana aplikasi – aplikasi lokal ini dibuat oleh teman – teman yang merupakan Mozilla Representative di Indonesia. aplikasi ini dikembangkan oleh Benny Chandra yang mengembangkan PocketKUMI dan Arief Bayu purwanti dengan aplikasi game Splat. dan saat ini kedua aplikasi tersebut sudah tersedia secara resmi di firefox Marketplace, Ungkap Yoe One Ariestya Niovitta.

Baca Juga  Smartphone Murah Firefox OS akan Perluas Pasar Hingga Indonesia

Aplikasi tersebut tidak hanya tersedia bagi piranti Firefox OS saja melainkan juga dapat dipasang di firefox OS simulator, pengaya (add-on) di peramban firefox. PocketKUMI meruapakn aplikasi yang dapat menampilkan berbagai foto dan gambar KUMI, maskot lucu dan imut – imut dari komunitas Mozilla Indonesia. Benny menyarankan agar tidak perlu ragu dalam membuat aplikasi untuk Firefox OS, karena untuk membuat aplikasi Firefox OS, developer aplikasi tidak perlu lagi belajar bahasa pemrogaman baru. Cukup dengan aplikasi web dengan HTML5, CSS, JavaScript.

Game Spalte merupakan aplikasi game untuk mewarnai kotak – kotak kosong yang tersedia hingga semuanya penuh dengan warna yang sama. “Bagi yang sudah sering membuat aplikasi untuk platform lain, pasti akan merasakan perbedaannya ketika menjalankan aplikasinya di Firefox OS. Terasa jauh lebih lancar,” kata Arief, Mozilla Representative dari Malang.

Para pengembang aplikasi bebas dalam mendistribusikan aplikasi mereka untuk Firefox OS lewat berbagai jalur. Pendistribusian dapat melalui via Firefox Marketplace, situs web itu sendiri, atau toko lain yang pakai open app store technologynya Mozilla. Kehadiran Firefox OS tidak ditujukan untuk bersaing dengan mobile OS lain, tapi merupakan sebagai alternatif bagi pengguna dan pengembang aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *