TeknoFlas.com – Menggunakan ponsel saat mengemudi pastinya sangat berbahaya, bahkan tidak jarang kecelakaan terjadi karena pengemudi sibuk dengan ponselnya dan lalai akan kondisi jalanan. Pecahnya konsentrasi merupakan penyebab utama, bukan karena mengemudi dengan satu tangan.

Tips Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Jika ingin tetap menggunakan HP ketika mengemudi anda harus memperhatikan beberapa hal terutama saat menerima panggilan. Beberapa kasus kecelakaan terjadi bahkan sampai empat kali lipat resikonya akibat menggunakan ponsel saat mengemudi. Berikut ini adalah tips menggunakan ponsel saat mengemudi:

  • Gunakan ponsel saat mengemudi ketika mengalami keadaan darurat saja, dan usahakan untuk menepi terlebih dahulu saat akan menggunakan ponsel.
  • Usahakan untuk meletakkan ponsel dalam jangkauan tangan, sehingga tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan untuk memungutnya ketika ada panggilan masuk.
  • Namun bila kondisi tidak memungkinkan jangan mengangkat panggilan telepon, biarkan saja atau minta bantuan teman perjalanan untuk menerima telepon.
  • Jika tidak mempunyai teman perjalanan usahakan menggunakan kit atau perangkat hands free sehingga anda tidak perlu memegang ponsel saat menerima panggilan.
  • Usahakan untuk tidak terlibat dalam pembicaraan berat dalam telepon saat mengemudi, ini bisa membuat anda emosi atau stress dan tentunya ini cenderung mengganggu konsentrasi dalam mengemudi.

Itulah beberapa tips menggunakan ponsel saat mengemudi, namun perlu diingat, usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggemudi sambil menggunakan ponsel karena ini sangat berbahaya. Semoga tips ini bermanfaat buat anda.