pemimpin negara terkaya di dunia
Putin, pemimpin negara terkaya di dunia. (doc/telegraph.co.uk)

5 Pemimpin Negara Terkaya Di Dunia Tanpa Korupsi

Banyak orang ingin menjadi pemimpin sebuah negara agar bisa meraup banyak uang dan kaya raya. Bahkan sebagian besar rela korupsi dan menyiksa rakyat demi kepentingan pribadi beserta koleganya. Padahal itu tidaklah benar, justru banyak pemimpin negara yang meraih kekayaan dari warisan keluarga dan usahanya sendiri. Ngga percaya? Coba simak daftar pemimpin negara terkaya di dunia berikut ini!

pemimpin negara terkaya di dunia
Putin, pemimpin negara terkaya di dunia. (doc/telegraph.co.uk)

1. Khalifa Zayed Al Nahyan (Presiden UEA)

Khalifa Zayed Al Nahyan mengambil alih jabatan Presiden UEA pada tahun 2004. Dia orang dibalik berdirinya Abu Dhabi Investment Authority dan memiliki kekayaan sekitar US$ 15 miliar. Tak heran bila dinobatkan sebagai salah satu pemimpin negara terkaya di dunia!

2. Abdullah Abdul Aziz Al Saud (Raja Arab Saudi)

Almarhum Abdullah Abdul Aziz Al Saud menyimpan kekayaan sekitar US$ 18 miliar dan sempat dinobatkan sebagai raja terkaya ke-3 di dunia. Beliau akhirnya tutup usia pada 23 Januari 2015, saat berumur 90 tahun. Kini kursi kekuasaan Arab Saudi dipercayakan kepada sang anak, Salman bin Abdulaziz Al Saud yang berpotensi juga menjadi pemimpin negara terkaya di dunia.

3. Sultan Hassanal Bolkiah (Sultan Brunei)

Tak ada yang bisa membantah bila Sultan Hassanal Bolkiah termasuk salah seorang pemimpin negara terkaya di dunia. Kekayaannya ditaksir sekitar US$ 20 miliar! Selain memperoleh pundi-pundi uang dari sumber daya alam, Sultan Brunei yang sudah menjabat sejak 1967 ini juga memperoleh kekayaan dari pabrik mobil mewah miliknya.

4. Bhumibol Adulyadej (Raja Thailand)

Masyarakat Thailand menghormatinya sebagai seorang raja. Bhumibol sudah memimpin pemerintahan sejak tahun 1946 dan dinobatkan sebagai raja paling lama berkuasa. Total kekayaan yang dimilikinya mencapai US$ 30 miliar.

5. Vladimir Putin (Presiden Rusia)

Sebelum terpilih sebagai presiden, Putin hanya seorang pemuda biasa dengan kekayaan sekitar US$ 80 ribu. Namun berkat kejelian di dunia bisnis, dia menginvestasikan uangnya untuk membeli saham di sejumlah industri raksasa Rusia. Ternyata keputusannya tepat sekali, untung yang diperoleh sangat besar dan total kekayaan Putin mencapai US$ 40 miliar. Dia bahkan punya sebuah rumah mewah yang harganya ditaksir US$ 1 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *