Brankas Sakti

Misteri Brankas Sakti Yang Tak Pernah Terbuka Di Istana Siak

Teknoflas.com – Indonesia menyimpan banyak kisah misteri di sejumlah daerah, salah satunya di Siak, Riau. Bila mengunjungi Istana Kesultanan Siak, ada begitu banyak benda bersejarah yang menyimpan kisah menarik termasuk brankas sakti.

Kisah misteri brankas sakti sudah menjadi buah bibir bagi masyarakat Siak dan sekitarnya. Sebenarnya tak ada penampilan yang aneh dari brankas tua kusam berukuran 1x2x1 meter tersebut.

Brankas Sakti
Brankas Sakti (doc/detik.com)

Meski penampilan luar tampak biasa saja, namun tak ada seorang pun yang tahu isi brankas. Orang satu-satunya yang mengetahui hanya Wak Molan (1889-1945), kepala rumah tangga istana sekaligus orang kepercayaan Sultan Syarif Kasim II.

Wak Molan diberi kepercayaan untuk memegang kunci brankas tersebut. Sepanjang usia, dia tak pernah menceritakan isi brankas hitam tersebut kepada siapa pun, termasuk istri dan anak-anak tercinta. Misteri isi brankas tak pernah terungkap dan terus dibawa hingga ajal Wak Molan tiba.

Usai menghembuskan nafas terakhir, sultan mengambil kunci dari tangan Wak Molan dan membuangnya ke aliran Sungai Siak tanpa alasan jelas. Setelah peristiwa itu, sultan memutuskan berangkat ke Jakarta.

Hingga tahun terus berganti, tak ada seorang pun yang mengetahui isi brankas. Selama itu pula, tak ada seorang pun yang bisa membukanya. Sejumlah percobaan sudah dilakukan oleh pihak keluarga istana untuk mengetahui isi brankas, tetapi tak satupun berhasil.

Istana Kesultanan Siak (doc/detik.com)
Istana Kesultanan Siak (doc/detik.com)

Usai dicongkel dengan peralatan tradisional tak kunjung berhasil, brankas itu coba dijebol memakai mesin bor. Uniknya, mata bor tidak mampu menembus dan malah patah. Saking misterius keberadaan brankas sakti tersebut, pihak istana pernah mendatangkan dukun dari Banten. Hasilnya sama saja, tak bisa terbuka dan isinya pun tak diketahui.

Seakan tak ingin menyerah, peralatan modern berupa mesin pindai (scanner) dari ITB pernah digunakan untuk mendeteksi isi brankas dan hasilnya ‘Percuma’. Scanner tak bisa mengetahui isi dibalik pintu brankas, padahal setiap sudut sudah diperiksa langsung.

Hingga kini kisah misteri brankas sakti tanpa bisa terbuka masih terus eksis dan mengundang rasa penasaran pengunjung Istana Kesultanan Siak. Entah sampai kapan pintu brankas tersebut bisa dibuka dan isi dibaliknya bisa diketahui. Selama ini tidak diketahui dari mana brankas itu berasal dan siapa pembuatnya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci artis kena kamera tersembunyi, brankas istana siak, misteri brankas siak, misteri di daerah, misteri tangga istana siak, misteri yang terungkap, mistri istana raja siak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *