Perilaku Mental

6 Perilaku Mental Yang Membahayakan Kesehatan Fisik

Teknoflas.com – Berdasarkan sejumlah hasil studi, tingkat kesejahteraan fisik seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor mental. Penelitian juga mengungkapkan bahwa tipe kepribadian terhubung langsung dengan sistem respon stres dan sistem kekebalan tubuh.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa sejumlah perilaku kepribadian dapat membahayakan kesehatan seperti dilansir Teknoflas.com dari laman timeofindia, Sabtu (7/8/2015).

Perilaku Mental
Perilaku Mental

1. Sinis

Perilaku sinis menurut para ilmuwan memiliki kemungkinan untuk meningkatkan resiko penyakit jantung. Orang sinis lebih cenderung stres yang mengakibatkan lonjakan protein sistem kekebalan yang dikaitkan sejumlah penyakit, salah satunya diabetes.

2. Hidup tanpa tujuan

Seseorang yang hidup tanpa tujuan lebih rentan terhadaps sejumlah penyakit. Sebuah studi menunjukkan bahwa lebih dari 1.200 peserta lansia tak mengalami demensia karena punya tujuan dalam hidup. Orang yang punya tujuan hidup lebih tinggi memiliki tingkat hormon stres, kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Namun masih diperlukan penelitian lanjutan.

3. Resah

Orang yang terus menerus dilanda rasa cemas dan khawatir berlebih meskipun menghadapi masalah kecil sangat rentan terhadap depresi. Hal ini akan membuat orang mati lebih cepat dibanding rekan-rekan lain yang bersikap tenang. Kecemasan juga mudah ditimbulkan akibat pengaruh atau kebiasaan merokok.

4. Tak bisa kontrol diri

Orang yang mudah mengontrol diri dengan tingkat disiplin tinggi, teliti dan terorganisir jauh lebih baik dari mereka yang tidak. Seseorang yang tak bisa mengontrol diri lebih cenderung ceroboh terhadap kesehatan, salah satunya yaitu tak bisa mengendalikan makan, gemar merokok atau mengonsumsi minuman keras. Semua itu jarang terjadi pada orang yang mampu mengontrol dirinya.

5. Cemas setiap saat

Orang yang lebih sering cemas dan letih berpotensi kena demensia serta Alzheimer dibandingkan mereka yang memiliki kepribadian santai. Klaim ini berdasarkan studi terhadap lebih dari 500 orang dalam lima tahun. Peserta dengan kepribadian tenang memiliki resiko demensia 50% lebih rendah daripada mereka yang rentan stres atau tertekan.

Baca Juga  5 Tindakan Sederhana Mencegah Penyakit Alzheimer

6. Stres berkepanjangan

Seseorang yang mengalami stres berkepanjangan rentan kena penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, flu dan gangguan kardiovaskular. Sementara itu, stres serangan kecil justu mengakibatkan adrenalin peningkat produktivitas. Agar terhindar dari stres, coba cari tahu faktor-faktor pemicunya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci stress pemicu darah tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *