Tips Beli Laptop

8 Tips Cerdas Membeli Laptop Untuk Mahasiswa Baru

Teknoflas.com – Seiring dengan penerimaan mahasiswa baru di sejumlah perguruan tinggi Indonesia, angka penjualan notebook atau laptop mengalami peningkatan signifikan. Gadget ini telah menjadi sebuah kebutuhan tak tergantikan yang menyingkirkan PC Desktop karena dinilai lebih fleksibel dan mobile.

Meskipun demikian, bukan hal mudah membeli sebuah laptop dan para mahasiswa baru harus memperhatikan sejumlah faktor penting agar tak ada penyesalan di kemudian hari. Berikut sejumlah tips cerdas yang dilansir Teknoflas.com dari laman liputan6, Selasa, 11 Agustus 2015.

Tips Beli Laptop
Tips Beli Laptop (doc/intoday.in)

1. Desain

Supaya makin semangat mengerjakan tugas dan kegiatan kuliah, pilih laptop yang mengusung desain dan warna-warna keren. Laptop dengan desain keren tentu lebih sedap dipandang dan bisa dijadikan salah satu ‘hiasan pemanis’ di kamar tidur.

2. Prosesor

Di pasaran ada dua jenis prosesor, yakni Intel dan AMD. Demi kelancaran multitasking, dianjurkan memilih laptop prosesor Intel yang sudah terbukti memiliki performa hebat dan tak bakal hadirkan hambatan saat mengerjakan tugas dari dosen.

3. Spesifikasi

Tugas kuliah yang diberikan dosen sangat beragam, apalagi harus menyimpan sejumlah file penting. Pilih laptop dengan spesifikasi yang menyesuaikan kebutuhan, sedangkan mahasiswa jurusan desain grafis disarankan memilih laptop dengan performa kartu grafis memadai.

4. Sistem Operasi Preinstalled

Dianjurkan memilih laptop yang sudah preinstalled sistem operasi Windows supaya langsung bisa dipakai untuk mengerjakan tugas kuliah. Jadi, tak perlu repot-repot untuk menginstal sistem operasi.

5. Sistem Operasi Asli

Bila ingin membeli laptop yang sudah preinstalled sistem operasi Windows, pastikan keaslian sistem operasi tersebut agar tidak rentan terhadap serangan malware dan virus yang bisa merusak data.

6. Dukungan Aplikasi

Agar semakin mudah mengerjakan beragam tugas dari dosen, pilih laptop yang memperoleh banyak dukungan aplikasi. Dengan demikian, laptop dapat menginstal aplikasi-aplikasi yang menunjang kebutuhan kerja.

Baca Juga  IdeaPad Z40, Laptop 14 Inci Terbaru dari Lenovo

7. Sesuaikan Dana

Jangan membeli laptop di luar kemampuan finansial, pilih saja yang sesuai kebutuhan dan dana. Laptop untuk mengerjakan tugas kuliah sederhana mungkin butuh dana sekitar Rp 3 – 4 jutaan. Masih terbilang ringan di kantong, bukan?

8. Layanan Purna Jual

Pastikan laptop yang dibeli masih punya garansi dan ketersediaan tempat servis yang mudah dijangkau di seluruh pelosok Indonesia.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci tips memilih laptop, laptop 4jutaan, laptop cocok untuk mahasiswa, laptop Indonesia, laptop yg sesuai, macam2 sistem operasi windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *