3 Tips Memilih Power Bank Untuk Pecinta Traveling

Teknoflas.com – Pemakaian smartphone secara intens bakal mengurangi daya baterai sehingga dibutuhkan tenaga ekstra agar terus menyala seharian. Seiring perkembangan teknologi, hadirlah perangkat tambahan yang disebut portable charger atau power bank.

Kehadiran power bank menjaga smartphone terus menyala dan tak kehabisan tenaga. Para pecinta traveling menyambut baik kehadiran perangkat penyimpan daya ini, smartphone kesayangan bisa terus menemani beragam aktivitas kala menikmati liburan wisata.

Power bank mengatasi kesulitan saat mencari lokasi pengisian daya. Meskipun demikian, pemilihan perangkat ini harus sesuai dengan kebutuhan smartphone. Tak boleh salah pilih yang justru merugikan diri sendiri.

Power Bank
Power Bank (doc/pcadvisor.co.uk)

Berikut tiga tips singkat memilih power bank bagi mereka yang doyan traveling atau berpergian.

1. Cek kebutuhan daya smartphone

Smartphone dengan kapasitas daya baterai besar tentu membutuhkan power bank dengan daya ekstra. Oleh karena itu, pengguna wajib mengetahui berapa lama daya baterai smartphone habis saat dipakai secara berlebihan atau normal. Dengan mengetahui lama durasi baterai, maka lebih mudah menentukan kapasitas power bank yang dibutuhkan.

2. Cek daya power bank

Pilih power bank dengan daya yang memang sesuai kebutuhan. Bila suka traveling atau berpergian ke daerah yang jauh dari pemukiman, pilih power bank yang memiliki daya cadangan besar seperti 4.000 – 6.000 mAH. Penggunaan daya power bank wajib disesuaikan dengan kapasitas baterai smartphone. Apabila kapasitas baterai smartphone sebesar 2.500 mAH, maka disarankan memilih daya kapasitas power bank sebesar 5.000 mAH. Jadi, pengisian daya baterai smartphone bisa dilakukan dua kali.

3. Cek ukuran power bank

Ukuran power bank yang terlalu besar tentu bukan pilihan tepat karena sulit dibawa atau disimpan bila berpergian dengan beban bawaan ringan. Semakin besar power bank, justru semakin tidak efektif saat dibawa pergi jalan-jalan. Sebaiknya memilih perangkat penyimpan daya dengan ukuran sederhana, mudah disimpan dan dibawa kemana saja.

Baca Juga  3 Langkah Mudah Melindungi Smartphone Dari Bug Stagefright

Itulah tiga tips memilih power bank bagi mereka yang sering traveling atau berpergian ke suatu daerah dengan lokasi pengisian daya yang sulit dijangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *