Hemat Baterai Smartphone Android

5 Trik Sederhana Menghemat Baterai Smartphone Android

Teknoflas.com – Sekarang ini android menjadi sistem operasi mobile terpopuler di kalangan masyarakat, bahkan jumlah pengguna terus meningkat. Terhubung dengan jaringan internet merupakan salah satu kelebihan smartphone android.

Sayangnya, kelebihan itulah yang membuat smartphone android lebih cepat kehabisan daya baterai. Seringkali baterai terkuras begitu cepat meskipun tidak terlalu sering aktif dipakai. Berikut 5 trik sederhana nan manjur untuk menghemat baterai smartphone android.

Hemat Baterai Smartphone Android
Hemat Baterai Smartphone Android

1.  Mengalihkan jaringan

Sinyal data 3G di Indonesia belum menyebar secara merata. Baterai smartphone terkuras lebih cepat bila terus mengaktifkan. Bila berada di area WiFi yang bebas akses, sebaiknya mematikan sinyal 3G dan memakai jaringan WiFi. Sementara itu, ganti ke sinyal 2G/Edge bila berada di area tanpa 3G.

2. Nonaktifkan WiFi & Bluetooth

Meskipun terdengar sepele, menonaktifkan WiFi dapat mencegah pemborosan daya baterai. Anehnya banyak pengguna smartphone android yang tak menyadari dan terus diaktifkan. Nonaktifkan WiFi bila berada di area tanpa sinyal tersebut, begitu pula sebaliknya. Lakukan hal serupa dengan fitur bluetooth, maka baterai smartphone jauh lebih hemat.

3. Nonaktifkan GPS

Fitur GPS di smartphone android memudahkan si pengguna untuk mencari suatu lokasi. Sayangnya, mengaktifkan fitur ini justru menguras daya baterai lebih cepat. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengaktifkan fitur GPS bila tak diperlukan. Artinya, gunakan saja untuk situasi dan keadaan penting.

4. Nonaktifkan fitur Sync

Smartphone android mengusung fitur Sync yang memudahkan pengguna menerima notifikasi email dan aplikasi lain secara langsung. Nonaktifkan fitur sync bila tidak terlalu diperlukan karena hanya menguras daya kapasitas baterai.

5. Rendahkan cahaya layar

Hampir semua layar smartphone android mengusung warna nyata yang memukau mata. Sayangnya layar cerah merupakan faktor terbesar yang menguras baterai ponsel. Oleh karena itu, disarankan mengurangi kecerahan layar saat berada di lingkungan gelap dan naikkan sedikit saja saat berada di lingkungan ruang terang.

Baca Juga  Harga Samsung Galaxy Trend Duos Juli 2014
Pencarian Berdasarkan Kata Kunci aplikasi untuk hemat batre, penghemat baterai android paling ampuh, sinyal 3g

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *