Beberapa Makanan ditemukan Sebagai Penyebab Kegemukan

maxresdefault

Teknoflas.com – Di Amerika Serikat, 31 persen anak-anak mengalami obesitas. Di Eropa, bahkan lebih tinggi, hingga mencapai 40 persen. Bahkan di wilayah dimana obesitas bukan menjadi masalah besar, pelan-pelan jadi masalah yang semakin meningkat.

Hal tersebut tidak lain disebabkan oleh apa yang dikonsumsi oleh anak maupun remaja. Para peneliti dari Duke National University, Singapura, melihat lebih dekat jenis-jenis makanan yang selama ini dihubungkan sebagai penyebab kegemukan dan obesitas anak.

Avon Longitudinal Study of Parents and Children mencatat indeks diet dan massa tubuh (BMI) sekitar 4500 anak di Inggris pada 1990, para ilmuwan melacak apa yang dimakan oleh anak-anak, dan apa yang terjadi pada tubuh anak selama tiga tahun. Data tersebut kemudian dibandingkan dengan BMI anak-anak generasi 2000an.

Hasilnya, beberapa makanan tertentu dapat diindikasikan sebagai penyebab kegemukan anak zaman sekarang. Anak-anak yang teratur makan keripik kentang cenderung mengalami kenaikan berat badan tertinggi.

Kami menemukan bahwa keripik kentang merupakan salah satu makanan yang paling menyebabkan obesitas anak-anak muda,” ujar salah seorang peneliti, dari Independent.

“Keripik kentang mengandung energi sangat tingi, dan memiliki indeks kenyang yang rendah, tapi mereka umumnya dikonsumsi sebagai makanan ringan.” lanjutnya

Selain itu, makanan seperti Kentang goreng, ayam goreng, daging olahan, mentega, juga punya dampak yang buruk. Ditambah dengan zat tambahan di dalamnya.


Makanan yang dimasak dengan minyak, baik dengan cara digoreng, ditumis, atau dipanggang, juga dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Namun, Erick Finkelstein, pengajar di Fakultas Kesehatan, Universitas Duke, mengatakan, bukan berarti makanan yang memiliki lebih banyak kalori bisa menyebabkan kelebihan berat badan.

Pada dasarnya, yang menyebabkan kegemukan bukan dari bahan makanannya. “Ada makanan, misalnya kentang, yang tidak buruk bagi kesehatan karena mengisi perut Anda,” katanya. Tapi, dia melanjutkan, ketika Anda mengubahnya jadi kentang goreng dan keripik kentang, dia bisa menyebabkan pertambahan berat badan.

Peneliti telah lama mempelajaru mengapa beberapa makanan lebih mengenyangkan daripada yang lain. Seperti makanan berlemak cenderung kurang menyenangkan, berbeda dengan makanan padat berkarbohidrat dan protein.

“Realitasnya adalah, anak-anak yang kelebihan berat badan, hampir pasti menjadi orang dewasa obesitas,” kata Finkelstein. “Apapun yang terjadi ketika anak-anak, hampir selalu tidak dapat diubah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *