cara mengecilkan ukuran file foto

5 Cara Mengecilkan Ukuran File Foto, Online Maupun Offline Tanpa Mengurangi Kualitas

TEKNOFLAS.COM – File foto menjadi salah satu berkas yang umumnya menjadi persyaratan dalam melamar pekerjaan. Namun tidak jarang banyak orang yang terkendala mengunggah file tersebut, lantaran pihak perusahaan membatasi ukuran file yang dapat diunggah. Oleh karena itu, berikut beberapa cara mengecilkan ukuran file foto secara online maupun offline yang dapat anda lakukan.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

1. Compress JPEG

Salah satu website yang banyak digunakan untuk mengecilkan foto secara online yaitu compressjpeg.com. Bahkan jika anda melakukan search di mesin pencari dengan kata kunci seperti “perkecil ukuran foto” maupun “mengecilkan foto jpg”, maka situs web tersebut akan muncul di bagian atas pada hasil pencarian.

Cara penggunaan website ini pun begitu mudah, dengan antar muka pengguna yang sederhana sehingga sangat mudah dipahami. Anda hanya perlu melakukan drag atau menyeret langsung gambar yang ingin di resize, maka proses akan berjalan otomatis. Selain itu, anda dapat melihat preview dan mengubah ukuran serta kualitas file foto sesuai keinginan.

2. Imgonline

Cara mengecilkan foto online juga bisa dilakukan melalui www.imgonline.com. Situs ini juga merupakan web kompres foto yang telah banyak digunakan oleh masyarakat, untuk kebutuhan pengompresan berkas file berbentuk gambar. Ketika memasuki halaman utama dari situs web, anda akan menjumpai beberapa fitur yang disediakan.

Cara mengecilkan ukuran file foto yaitu dengan memilih menu compress. Dan setelah berada pada halaman dari menu tersebut, maka pilih Choose File lalu unggah foto atau gambar yang ingin anda kompres. Di bawahnya anda pun bisa menentukan size reduction megapixels, yang akan mempengaruhi seberapa kecil ukuran file ingin di resize.

Baca Juga  5 Cara Mengembalikan Foto Yang Hilang Di Galeri Dan Tips Seputar Foto di Android

3. Resize Photos

Pada website resize-photos.com, anda bisa menemukan berbagai fitur menarik di samping fitur kompres file. Beberapa fitur yang ditawarkan di antaranya yaitu penerapan efek seperti bayangan, keterangan gambar secara sederhana, border, hingga refleksi. Situs ini pun mempunyai interface yang didesain sederhana, sehingga mudah sekali untuk dipahami.

4. Photoshop

Jika anda memiliki software Photoshop, maka ini bisa digunakan sebagai cara mengecilkan ukuran file foto secara offline. Untuk aplikasi ini sendiri, anda dapat menggunakan beberapa langkah dalam memperkecil ukuran file. Cara tersebut di antaranya yaitu Canvas Size, Transform Tool, Image Size, dan Crop Tool.

Sebagai contoh jika anda ingin menggunakan cara Image Size, maka silahkan buka foto yang ingin anda kecilkan melalui Photoshop. Lalu pilih menu Image Size yang ada di menu bagian atas, selanjutnya di bawah opsi Fit To akan terdapat rangkaian ukuran gambar. Anda bisa memilih ukuran yang diinginkan, maka Photoshop akan melakukan resize gambar secara otomatis.

5. Paint

Selain Photoshop, Paint yang merupakan aplikasi bawaan Windows juga dapat anda manfaatkan untuk kebutuhan pengompresan file foto. Caranya sendiri yaitu pada paint, buka file jpg yang ingin akan kecilkan. Selanjutnya pada toolbar Paint di tab Home, klik menu Resize. Dalam hal ini, Paint akan memberikan opsi mengubah ukuran berdasarkan piksel maupun persentase.

Namun Paint sendiri menggunakan opsi persentase secara default, akan tetapi anda tetap dapat menentukan dimensi ataupun persentase yang diinginkan. Berikutnya klik pilihan OK, dan foto anda pun sudah selesai dikecilkan ukurannya. Cara mengecilkan ukuran file foto dengan metode ini dinilai sangat praktis, karena tidak perlu repot melakukan install software baru.

Baca Juga  Dapat Diunduh Secara Gratis, Berikut 5 Aplikasi Membuat Video Dari Foto di Android

Dengan berbagai cara di atas, anda dapat melakukan resize terhadap file foto sesuai dengan keinginan. Meski dibilang tidak mengurangi kualitas, namun apabila anda melakukan kompres ukuran yang sangat jauh dari ukuran asli. Maka mau tidak mau kualitas foto tentunya akan tetap terpengaruh, meski tidak begitu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *