cara menghilangkan rasa sakit gigi

Berbagai Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi yang Ampuh

TEKNOFLAS.COM – Ada banyak cara menghilangkan rasa sakit gigi yang bisa kita lakukan. Sakit gigi merupakan gejala nyeri yang berada di dalam atau sekitar gigi. Nyeri yang dapat dirasakan ini ada yang bersifat sedang bahkan parah. Bila sakit gigi ini tidak hilang, maka rasa sakit tersebut akan semakin parah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi kita sakit, yaitu pembengkakan pada gusi, terdapat nanah di dasar gigi, keretakan pada gigi, rusaknya tambalan gigi, gigi yang berlubang, dan gigi yang tumbuh. Rasa sakit gigi ini nantinya akan berdampak ke bagian tubuh lain, seperti pusing, sakit telinga dan leher, demam, hingga bau mulut.
Kita tidak boleh menganggap enteng rasa sakit ini. Apalagi jika sudah parah, maka kita harus segera berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan penambalan gigi, merawat saluran akar gigi, bahkan mencabut gigi yang sakit.

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi

Sebelum pergi ke dokter, kita juga bisa melakukan cara-cara di bawah ini sebagai pertolongan pertama mengatasi rasa sakit gigi. Dijamin cara ini sangat mudah, ampuh, dan efektif.

Lemon

Keasaman lemon ternyata tidak hanya berguna untuk imun kita, tetapi juga ampuh untuk mengobati gigi yang sakit, karena terdapat antiseptik dan anti bakteri di dalamnya. Ambillah lemon kemudian diperas di bagian gigi yang sakit. Jika terasa sulit, air perasan lemon bias kamu campur dengan air dengan menggunakan kapar, kemudian sentuh bagian gigi yang sakit menggunakan kapas tersebut.

Cuka apel

Senyawa antimikroba dan anti bakteri yang terkandung dalam cuka apel sangat ampu dalam meredam rasa sakit gigimu. Kamu dapat memanfaatkan cuka apel dengan cara berkumur selama 30 detik.

Baca Juga  5 Rekomendasi Pasta Gigi untuk Sakit Gigi

Air garam

Walaupun terlihat klasik, namun air garam sangat ampuh dalam mengobati sakit gigi. Dengan air garam, cairan yang menyebabkan bengkak akan tertarik keluar. Selain itu, bisa juga membersihkan kotoran yang ada pada gigi. Yang bisa kamu lakukan ialah dengan mendidihkan satu sendok teh garam yang telah dilarutkan. Lalu kumur air garamnya hingga 30 detik, kemudian buang dari mulut.

Minyak cengkeh

Menurut beberapa penelitian, cengkeh cukup ampuh dalam mengatasi rasa sakit pada gigi. Sebab di dalamnya terkandung bahan eugenol yang bekerja secara alamiah dalam mengusir rasa sakit dan nyeri. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh dan mencampurkannya dengan minyak zaitun menggunakan kapas. Lalu taruh dan gigit kapas tersebut ke area gigi yang sakit. Jangan sampai tetesan minyak tersebut jatuh ke lidah atau gusi, sebab akan menyebabkan rasa nyeri.

Es

Kamu juga bisa mengompresnya menggunakan es yang ada di kulkas. Caranya yaitu letakkan es ke dalam kantong plastik, kemudian bungkus menggunakan kain tipis. Lalu letakkan bungkusan es tersebut ke bagian gigi yang sakit. Dinginnya es tersebut cukup efektif dalam membunuh saraf gigi yang sakit.

Bawang putih

Cara terakhir yaitu dengan bawang putih yang bisa kamu temukan dimana saja. Mengapa bawang putih? Karena di dalamnya terkandung antiseptik, antibiotik, dan antibakteri untuk melawan kuman yang bersarang di gigi dan mulut. Ambillah satu suing bawah putih kemudian belah menjadi dua bagian, lalu taruh bawang putih tersebut di bagian gigi yang terasa sakit. Kamu juga bias mengunyahnya selama beberapa menit.

Itu dia cara menghilangkan rasa sakit gigi yang sederhana. Ingat, jaga selalu kesehatan gigi anda dengan menyikat gigi sehari dua kali ya.

Baca Juga  Tips Meredakan Sakit Gigi Dengan Cara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published.