TeknoFlas.com – Smartphone Nokia X A110 atau yang sering disebut Normandy kabarnya mendukung atau dapat menjalankan aplikasi Android, tetapi tidak dilenkapi dengan toko aplikasi Google Play Store. Nokia X A110 adalah smartphone Android pertama besutan pabrikan Finlandia.

Nokia X A110
Nokia X A110

Smartphone Nokia X A110 ini sebelumnya sempat dikabarkan tidak mendukung aplikasi Android meski menggunakan sistem operasi Android. Namun, informasi terakhir dari akun @evleaks mengatakan bahwa Nokia X A110 dapat menjalankan aplikasi Android.

Meski mendukung aplikasi Android, smartphone Nokia X A110 ini tidak dilengkapi dengan Google Play Store. Lalu darimana pengguna mendapatkan aplikasi? Akun @evleaks mengatakan bahwa pengguna dapat mengunduh aplikasi untuk Nokia X A110 Nokia Store dan toko aplikasi lain dari pihak ketiga.

Konsep yang diusung oleh Nokia X A110 ini serupa dengan konsep tablet Kindle Fire yang diluncurkan oleh Amazon yang menggunakan sistem operasi Android yang telah mengalami perombakan besar-besaran. Nokia X A110 sendiri kemungkinan menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat yang juga telah mengalami perombakan besar-besaran.

Akun @evleaks membocorkan spesifikasi Nokia X A110 yang dilengkapi layar dengan ukuran 4 inci resolusi 480 x 854 piksel dengan kepadatan layar mencapai 285 piksel per inci. Kehadiran smartphone Nokia X A110 Android ini akan masuk jajaran Asha yang membidik pasar kelas bawah dan menengah.

Nokia X A110 dilengkapi dengan kamera resolusi 5 megapiksl. Sayangnya, tak diketahui apakah Nokia X A110 dilengkapi kamera sekunder atau tidak. Smartphone Android pertama Nokia ini juga dilengkapi dengan dukungan Bluetooth 4.0 dan WiFi.

Kinerja Nokia X A110 ini tidak terlalu istimewa karena ditenagai oleh Qualcomm Snapdrago 200 dengan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz dan disokong oleh memori RAM sebesar 512MB. Nokia X A110 ini kabarnya dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 4GB dan didukung oleh hadirnya slot microSD untuk tambahan kapasitas penyimpanan.

Seperti yang dikutip TeknoFlas dari Techno Buffalo (14/02/2014), smartphone Nokia X A110 Normandy ini sebelumnya telah muncul di situs retail Vietnam dengan harga $110 atau sekitar Rp 1,3 jutaan.