TeknoFlas.com – HTC dikabarkan sedang melakukan investigasi dan mempertimbangkan untuk memberikan update sistem operasi Android 4.4 KitKat pada beberapa varian smartphone HTC One X. Sebelumnya, perusaah asal Taiwan ini secara tegas mengatakan bahwa HTC One X tidak mendapatkan update Android KitKat.

HTC One X
HTC One X

Keputusan HTC untuk tidak memberikan update Android 4.4 KitKat pada smartphone HTC One X yang notabene flagship 2012 ini menuai protes dari penggunanya. Seakan tak mau disalahkan, HTC mengatakan bahwa keputusan ini diambil karena Nvidia tidak memberikan cukungan terhadap chipset yang digunakan oleh HTC One X untuk mendapatkan update Android KitKat.

Beberaapa varian smartphone HTC One X ini ditenagai oleh prosesor quad-core ARM Cortex-A9 berkecepatan 1,3GHz Nvidia Tegra 3. Sedangkan varian HTC One X yang beredar di Amerika menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon dan dilengkapi dengan dukungan 4G LTE.

Lalu varian HTC One X mana yang sedang dipertimbangkan oleh HTC untuk mendapatkan update Android KitKat? HTC mengatakan bahwa saat ini sedang mempertimbangkan update Android KitKat untuk HTC One X yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon.

Sedangkan HTC One X+ jelas tidak mendapatkan update Android 4.4 KitKat. Perusahaan asal Taiwan tersebut menyalahkan Nvidia yang enggan memberikan dukungan terhadap update Android 4,4 KitKat untuk chipset Tegra 3 AP33 dan AP37 yang digunakan oleh HTC One X.

Sedangkan smartphone HTC One X yang beredar di Indonesia saat ini menggunakan chipset Nvidia Tegra 3, sehingga kemungkinan besar tidak mendapatkan update Android KitKat.

Seperti yang dikutip TeknoFlas dari GSM Arena (15/02/2014), selain mempertimbangkan HTC One X untuk update, HTC juga telah menggandeng Microsoft untuk memberikan update Windows Phone 8.1 untuk HTC 8X.