Teknoflas.com – Nokia XL Android tak lama lagi akan menyambangi China dan meramaikan persaingan smartphone kelas menengah di negara tersebut. Nokia XL Android adalah varian tertinggi dari trio smartphone Nokia X yang menggunakan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean.

Nokia XL Android
Nokia XL Android

Indikasi masuknya smartphone Nokia XL Android di Android ini terlihat dari lulusnya smartphone tersebut di TENAA yang merupakan lembaga serupa POSTEL atau FCC di China. Ini merupakan lampu hijau untuk sebuah produk komunikasi agar dapat dipasarjan di negeri tirai bambu tersebut.

Nokia berharap penjualan smartphone Nokia XL Android laris seperti Nokia X yang ludes terjual dalam tempo 4 menit saja. Nokia XL Android sendiri didukung spesifikasi yang lebih tinggi, layar yang lebih besar, dan tentunya harga yang lebih tinggi dari Nokia X Android.

Nokia XL dibekali dengan bentang layar sentuh 5 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 187 piksel per inci berteknologi TFT LCD. Spesifikasi seperti ini membuat tampilan layarnya kurang padat dan tajam.

Smartphone Nokia XL ini dibekali dengan ruang simpan internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga maksimal 32GB berkat hadirnya slot microSD. Tak hanya itu, Nokia XL juga didukung fitur standar smartphone, yakni hadirnya Bluetooth, WiFi, 3G HSPA, dan dual SIM.

Mengenai kinerja, Nokia XL Android ini tak jauh berbeda dengan Nokia X yang lebih dulu hadir dengan dukungan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz dari Qualcomm Snapdragon yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 768MB. Kinerja grafis Nokia XL cukup standar berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno 203.

Pabrikan asal Finlandia yang kini telah dibeli oleh Microsoft ini menyematkan kamera dengan resolusi 3 megapiksel yang menghadap ke belakang pada Nokia XL yang dibekali fitur autofokus dan LED flash, serta kamera depan 2 megapiksel.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (09/04/2014), sampai saat ini belum diketaahui beraapa harga Nokia XL Android. Kehadirannya di Indonesia juga belum diketahui.