TeknoFlas.com – Kulit merupakan lapisan terluar tubuh kita yang wajib kita jaga. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C.

Makanan Vitamin C

Vitamin C tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dari dalam, namun juga bermanfaat bagi kulit. Vitamin C mengandung antioksidan yang paling banyak dibutuhkan kulit untuk membantu menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat paparan sinar matahari dan juga usia. Tak hanya itu, vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar.

Selain itu, vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Berikut ini beberapa manfaat vitamin C untuk kulit dikutip dari Meet Doctor:

  1. Membuat kulit terlihat sehat serta bercahaya.
  2. Membantu menjaga kolagen yang ada di kulit untuk menunda penuaan dini pada kulit muka.
  3. Meningkatkan proteksi permukaan kulit dari paparan sinar UV-A ( UVpanjang yang menyebabkan penuaan dini) dan UV-B (UV pendek yang dapat merusak kulit dan mata).
  4. Memperbaiki kondisi kulit yang kusam dan pucat.
  5. Membantu menyembuhakan hyperpigmentation (penggelapan pada kulit dan kuku yang disebabkan meningkatnya melanin).

Sumber vitamin C dapat ditemukan dalam jeruk, stroberi, nanas, kiwi, dan sayuran seperti brokoli, seledri, dan tomat. Selain mudah didapat dari bahan makanan alami, berbagai produk suplemen di pasaran juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Jangan lupa utamakan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan daripada mengkonsumsi suplemen vitamin C. Mengkonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi secara oral dapat menyebabkan masalah pada lambung.