TeknoFlas.com – Jika anda sering mengalami stres maka anda harus berhati-hati karena menurut sebuah penelitian stres dalam tingkat tinggi akan menimbulkan seseorang mengalami penurunan daya ingat.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 mengungkap bahwa stres yang berlebihan hingga bisa disebut kronis bisa menurunkan daya ingat seseorang. Bagian ingatan yang terserang adalah ingatan spasial, yaitu ingatan yang membantu Anda mengingat tempat dan mengaitkannya dengan obyek tertentu. Misalkan ketika Anda kehilangan kunci motor atau benda sepele lainnya.

Bahaya Stres Kronis Dapat Menurunkan Daya Ingat

Selain itu peneliti dari University of Iowa juga menemukan adanya kaitan antara hormon stres kortisol dengan hilang ingatan jangka pendek pada orang yang lebih dewasa. Kortisol bisa mengurangi sinapsis, yaitu hubungan antara bagian otak yang berkaitan dengan penyimpanan informasi, penelitian ini telah diterbitkan dalam Journal of Neuroscience.

Seperti dikutip TeknoFlas dari situs Science Daily, Kamis (19/06/2014) menebutkan bahwa ahli saraf dari University of California juga menemukan bahwa stres kronis berkaitan dengan perubahan jangka panjang pada otak. Stres meningkatkan perkembangan bagian putih otak yang membantu mengirimkan pesan pada otak, namun mengurangi jumlah saraf yang membantu dengan proses informasi tersebut.

Penelitian terhadap pasien yang mengalami stres dan depresi kronis juga mengungkap bahwa hal ini bisa mengurangi jumlah bagian abu-abu pada otak. Adanya kerusakan pada bagian putih otak selama ini dikaitkan dengan penyakit seperti schizophrenia, kelainan bipolar, dan depresi kronis.

Bagaimana menurut sahabat TeknoFlas? jangan sampai anda mengalami stres berat ya, usahakan untuk membiasakan diri makan makanan sehat, berolahraga, cukup tidur, dan melakukan aktivitas yang bisa mengurangi stres seperti menarik napas dalam, pijat, atau yoga.