Teknoflas.com – Samsung akhirnya merilis smartwatch yang menggunakan sistem operasi Android Wear, yakni Gear Live. Jam tangan canggih Gear Live ini sudah dapat dipesan melalui toko resmi Google Play Store untuk negara tertentu dengan harga yang cukup masuk akal, yakni USD 1990 atau sekitar Rp 2,3 juta.

Samsung Gear Live
Samsung Gear Live

Samsung merilis smartwatch Gear Live ini bersamaan dengan hadirnya LG G Watch yang merupakan rival senegaranya. Gear Live hadir dengan penampilan yang mirip dengan Gear Neo yang menggunakan basis Tizen OS. Layar Gear Live berbentuk kotak, sama seperti smartwatch lainnya.

Keunggulanm utama yang ditawarkan oleh Samsung Gear Live ini adalah penggunaan sistem operasi Android Gear yang juga digunakan oleh produk lain seperti LG G Watch dan Motorola Moto 360. Samsung Gear Live dibekali spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan Gear Neo maupun Gear 2.

Samsung membekali Gear Live dengan bentang layar sentuh 1,63 inci yang menggunakan resolusi 320 x 320 piksel. Tak hanya itu, Samsung menyuntikkan teknologi Super AMOLED di layar Gear Live, sehingga mampu menghasilkan tampilan layar yang jernih dan terbaca meski di bawah terik matahari.

Kinerja smartwatch Gear Live besutan Samsung ini takjauh berbeda dengan smartphone Android kelas menengah karena ditenagai oleh prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz dari Qualcomm Snapdragon 400 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB untuk mendukung kinerjanya.

Smartwatch Gear Live ini dibekali dengan memori internal sebesar 4GB untuk menampung pelbagai file milik pengguna. Tak disebutkan apakah Gear Live dilengkapi slot microSD atau tidak. Samsung juga membekali Gear Live dengan baterai berkapasitas 300mAh.

Sayangnya tak diketahui kapan vendor asal Korea Selatan ini akan memboyong smartwatch Gear Live ke Indonesia. Harga Gear Live di Indonesia juga belum diketahui.